Tips Knowledge

    Peran Penting Tutup Radiator dalam Sistem Pendingin Mobil

    M. Bagus Rachmanto - 27 Februari 2020 07:58 WIB
    Peran Penting Tutup Radiator dalam Sistem Pendingin Mobil
    Tutup radiator rusak bisa bikin mesin panas.. Wisegeek
    Jakarta: Ukuran tutup radiator mobil memang kecil. Namun jangan anggap sepele kegunaannya. Ada beberapa komponen yang terdapat di dalamnya yang punya peran penting. Salah satu fungsi utamanya adalah untuk menjaga atau mengontrol tekanan temperatur mesin dalam sistem pendingin mobil.
     
    Komponen yang ada di tutup radiator, di antaranya katup tekan dan katup vakum. Kedua katup ini bertugas secara bergantian mengeluarkan dan menghisap, sehingga air berputar dari tangki reservoir (tangki cadangan) ke radiator.
     
    Toha mekanik yang praktek di bengkel pit stop di bilangan Jakarta Timur menjelaskan, jika kedua katup yang terdapat pada tutup radiator rusak, menyebabkan sirkulasi air menjadi tidak optimal. Bahkan, lama kelamaan volume air radiator semakin berkurang, karena tumpah keluar melalui tangki reservoir.
     Tutup radiator rusak bisa bikin mesin panas. Guysautomotive
    Rusaknya tutup radiator bisa disebabkan dari usia pakai dan sering dibuka tutup. Katup vakum yang rusak membuat air keluar lewat tutup radiator, dan meninggalkan bekas kerak berwarna keputihan.

    Mengecek kerusakan komponen ini juga bisa dilihat dari tangki reservoir. Caranya periksa ketinggian permukaan air di tangki reservoir, apabila tangki cadangan selalu penuh dan air keluar dari selang tutup tangki, ini tanda tutup radiator minta diganti yang baru.
     
    Harga komponen yang satu ini tergolong relatif murah. Tutup radiator merek Denso dijual di kisaran harga Rp50 ribu-Rp100 ribu. Jadi mulai sekarang jangan anggap enteng komponen yang satu ini.
     


    (UDA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id