Tips Knowledge

    Pasang Ban Lebar di Motor? Biker Wajib Perhatikan Ini

    M. Bagus Rachmanto - 24 Juni 2020 09:20 WIB
    Pasang Ban Lebar di Motor? Biker Wajib Perhatikan Ini
    Pemasangan ban motor lebar idealnya naik 2 step dari ukuran standar pabrikan. Medcom.id/Ahmad Garuda
    Jakarta: Penggunaan profil ban lebar bisa membuat tampilan sepeda motor terlihat lebih gahar dan kekar. Namun ban lebar kadang membuat sepeda motor mengalami masalah. Terutama ketika ban yang hendak dipasang tidak muat ke dalam swing arm alias lengan ayun.
     
    Oleh karena itu, ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika memasang ban lebar di motor. Terutama bagi bikers yang tidak menggunakan swing arm aftermarket yang lebih lebar.
     
    "Aplikasi ban lebar di motor standar tanpa mengubah apapun patut memperhatikan beberapa hal. Di antaranya masalah ukuran. Sebab, hal inilah yang menentukan tampilan," jelas Kepala Departemen Technical Support Suryaraya Rubberindo Industries (SRI), Jimmy Handoyo, kepada Medcom.id di Jakarta, beberapa waktu lalu.
     
    Menurut Jimmy, biar aman dan nyaman, motor-motor standar yang ada sekarang lebar tapak bannya bisa dinaikan hingga 2 step.
     
    Ia mencontohkan, kika ban motor bebek Anda menggunakan ban standar 70/90 di bagian depan dan 80/90 di bagian belakang, maksimal ukuran lebar bisa naik ke 90/90 untuk ban depan dan 100/90 untuk bagian belakang. Begitu juga dengan aplikasi ban di motor matic dan motor sport.
     
    "Biasanya aplikasi ukuran perbandingan seperti itu juga harus diakali. Misalnya menggunakan ban 2 step naik. Tapi ukuran ketinggian side wall harus dikurangi. Jadi penampakannya tetap proporsional. Kalau tidak, motor akan terlalu tinggi," tutup Jimmy

    (UDA)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id