Tips Otomotif

    Mitos Mobil Matik Tak Bisa Diderek itu Hoax

    Ekawan Raharja - 16 September 2020 10:00 WIB
    Mitos Mobil Matik Tak Bisa Diderek itu Hoax
    Mobil matik juga bisa diderek asal tahu teknik yang tepat. Asuransi Astra

    Jakarta: Masih ada anggapan di masyarakat bahwa mobil dengan transmisi otomatis tidak bisa diderek ketika mogok. Pada kenyataannya mitos tersebut hoax dan mobil bertransmisi otomatis masih bisa diderek.
     
    Training Development Section Head Astra Daihatsu Motor, Aji Prima Barus, meluruskan mobil dengan transmisi otomatis bisa tetap diderek. Hanya saja teknisi derek dan pemilik mobil harus cara menderek mobil matik yang baik dan benar.
     
    Baik pemilik mobil dan teknisi derek harus mengetahui jenis penggerak yang digunakan mobil, baik roda depan atau roda belakang. Apabila sudah mengetahui, maka teknik menderek mobil matik yang mogok adalah mengangkat roda penggeraknya dengan alat derek.
     
    "Sebagai contoh Ayla tipe matik dengan penggerak depan, kalau mau diderek dengan cara tarik harus mengangkat bagian depan mobil," ucap Aji Selasa (15/9/2020) di acara Virtual Journalist Workshop 2020.
     
    Hal ini dikarenakan ketika mobil dalam kondisi mati, maka transmisi akan terkunci dan pompa pelumas transmisi tidak bekerja. Apabila dipaksakan bergerak maka sudah tentu transmisi akan rusak.
     
    Sedangkan untuk cara yang lebih aman, lebih baik menggunakan truk gendong (towing). Penggunaan truk gendong akan lebih aman dan stabil selama perjalanan karena mobil akan berada di atas truk dan perjalanan mobil relatif lebih aman.
     
    Nah masih takut mobil matik Anda tidak bisa diderek kalau mogok?

     



    (ERA)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id