Tips Knowledge

    Ini Waktu Ideal Memanaskan Mesin Motor

    M. Bagus Rachmanto - 25 Juni 2020 12:43 WIB
    Ini Waktu Ideal Memanaskan Mesin Motor
    Penaskan mesin sepeda motor injeksi tidak perlu terlalu lama. Dreamstime
    Jakarta: Memanaskan mesin motor sebelum digunakan merupakan hal sederhana berikutnya yang dapat Anda lakukan. Panaskan motor pada pagi hari sebelum digunakan beraktivitas selama beberapa saat, sehingga mesin sudah melakukan persiapan sebelum digunakan beraktivitas.

    Namun dalam prakteknya, memanaskan sepeda motor tidak perlu dengan durasi waktu yang cukup lama. Bahkan kebiasaan tersebut harus dihentikan jika Anda menggunakan motor keluaran baru.
     
    Menurut, Yosi, pemilik bengkel Bengbrand di Pondok Timur Indah, Bekasi Timur, Jawa Barat, sepeda motor yang sudah menggunakan sistem injeksi sudah lebih canggih jika dibandingkan dengan yang masih menggunakan karburator.
     
    Di motor sistem injeksi, kebutuhan bahan bakar untuk mesin sudah diatur oleh Engine Control Module (ECM) dan tidak perlu menarik handel gas ketika menghidupkan atau memanaskan.

    "Memanaskan mesin motor cukup 1-2 menit dan tidak perlu digeber-geber.Biarkan menyala dengan kondisi stasioner. Pada saat itu, oli sudah bersirkulasi dengan baik," jelas Yosi kepada Medcom.id di Bekasi, beberapa waktu lalu.

    Menurut Yosi, sepeda motor fuel injection juga sudah tidak memerlukan choke. Pasalnya,ada sensor yang mendeteksi suhu mesin sehingga mudah dihidupkan.

    Untuk motor-motor keluaran terbaru biasanya sudah menggunakan teknologi hemat bahan bakar dengan teknologi sistem injeksi. Mesin dengan teknologi injeksi akan bekerja lebih optimal serta lebih awet jika menggunakan bahan bakar beroktan di atas 90. 

    Bahan bakar beroktan tinggi akan meminimalkan kerak yang ditinggalkan bensin pada injector sehingga mesin jadi lebih awet. Bahan bakar beroktan tinggi juga membuat mesin menjadi lebih halus karena mengalami pembakaran yang lebih sempurna.



    (UDA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id