comscore

Trik Motoran Biar Tidak Cepat Lelah

Ekawan Raharja - 25 Mei 2022 12:00 WIB
Trik Motoran Biar Tidak Cepat Lelah
Ilustrasi berkendara sepeda motor. Yamaha
Jakarta: Berkendara sepeda motor tentu tergolong efisien dan menyenangkan jika melakukan perjalanan bersama teman-teman. Meski demikian, kegiatan ini membutuhkan fisik yang prima karena fokus harus maksimal serta daya tahan tubuh yang kuat.
 
Instruktur Yamaha Riding Academy (YRA) Yogyakarta, Danang Hermanto, menjelaskan jangan sampai kelelahan menghinggapi selama perjalanan. Dia juga menekankan ada beberapa hal yang harus diperhatikan, khususnya posisi tubuh saat berkendara agar lebih aman dan tidak cepat lelah.
 
”Posisi tubuh ikut mempengaruhi keselamatan berkendara dan juga daya tahan tubuh saat berkendara. Tidak jarang banyak pengendara ternyata salah menempatkan posisi tubuh saat berkendara motor, sehingga memperburuk pengendalian motor dan juga menyebabkan mudah lelah saat berkendara,” tutur Danang Hermanto melalui keterangan resminya.
 
Kemudian dia memberikan tips agar tidak cepat lelah ketika berkendara:
1. Sesuaikan posisi duduk sesuai postur pengendara serta relaks dan duduk di tengah jok motor, tidak terlalu maju atau mundur, maupun miring ke samping. Hal ini sangat penting, karena bila posisi duduk tidak pas di tengah, akan mengganggu keseimbangan dan efek buruknya tubuh akan lebih cepat lelah.
 
2. Posisikan kaki di tempat footpeg/injakan kaki yang sudah disediakan. Posisi kaki mendekap tangki untuk motor sport atau berada di dalam cover depan untuk motor matik untuk menjaga keseimbangan, sehingga pengendalian motor akan lebih mantap dan tubuh tidak mudah lelah.
 
3. Melemaskan otot bahu dan siku saat memegang stang motor. Saat berkendara tentu pengendalian motor juga bertumpu pada tangan. Posisikan bahu dan siku kita seolah-olah memeluk bola besar atau membentuk huruf O. Posisikan genggaman tangan di stang dengan rileks dan kekuatan yang cukup, dengan ini lengan kita bisa lebih nyaman dan pengendalian motor bisa lebih leluasa.
 
4. Pandangan luas ke depan, arahkan pandangan dan kepala luas ke depan, dengan ini bisa mengantisipasi kondisi jalanan lebih baik

(ERA)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id