Asuransi Kendaraan,

    Syarat Asuransi Mengganti Kerusakan Mobil Akibat Demo

    Ekawan Raharja - 09 Oktober 2020 09:00 WIB
    Syarat Asuransi Mengganti Kerusakan Mobil Akibat Demo
    Ilustrasi. ANTARA FOTO/Abriawan Abhe
    Jakarta: Sejumlah daerah di Indonesia sekarang ini sedang ramai oleh gelaran unjuk rasa menentang berlakunya Undang-Undang Cipta Kerja atau Omnibus Law. Bahkan di sejumlah titik unjuk rasa juga disertai dengan huru-hara dan membuat sejumlah kerusakan di area unjuk rasa.
     
    Jika mobil Anda rusak karena huru-hara, apakah asuransi bisa menanggungnya? Pemilik kendaraan tidak perlu khawatir soal ini karena pihak asuransi bisa mengganti kerusakannya dengan syarat tertentu.
     
    Senior VP Communication and Service Management Asuransi Astra, L Iwan Pranoto, menjelaskan soal hal-hal yang dilindungi dalam asuransi kendaraan sudah tercantum di Polis Standar Asuransi Kendaraan Bermotor Indonesia (PSAKBI). Kerusakaan akibat huru-hara termasuk ke dalam pengecualian dalam perlindungan asuransi dan tercantum di Pasal 3 Ayat 3.1 di PSAKBI.
     
    "Kerusuhan, pemogokan, penghalangan bekerja, tawuran, huru-hara, pembangkitan rakyat, pengambil-alihan kekuasan, revolusi, pemberontakan, kekuatan militer, invasi, perang saudara, perang dan permusuhan, makar, terorisme, sabotase, penjarahan;"
     
    Namun peserta asuransi tidak perlu khawatir karena bisa saja kasus huru-hara ini termasuk di dalam perlindungan asuransi asalkan peserta asuransi mengajukan perluasan perlindungan asuransi ketika di awal pendaftaran asuransi.
     
    "Dasarnya tdk di-cover. Sehingga harus ada perluasan jaminan SRCC TS (strike riot civil commotion terorism sabotage)," tulis Iwan melalui pesan singkatnya kepada Medcom.id Kamis (8/10/2020).
     
    Nah kini tinggal dilihat bagaimana polis asuransi kendaraan Anda? Sudahkah melakukan perluasan perlindungan ketika membuat asuransi?

    (ERA)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id