Tips Otomotif

    16 Simbol Di Meter Cluster yang Wajib Dikenali Artinya

    Ekawan Raharja - 05 Juni 2021 12:00 WIB
    16 Simbol Di Meter Cluster yang Wajib Dikenali Artinya
    Ada 16 simbol di meter cluster yang harus dikenali oleh pemilik mobil. Daihatsu



    Jakarta: Mobil-mobil sekarang ini sudah dilengkapi dengan Meter Cluster yang menarik, canggih, dan informatif untuk menunjang pengemudi mengendalikan serta memantau kondisi mobil. Tak hayal, di dalam Meter Cluster terdapat berbagai macam simbol yang menunjukan berbagai arti.
     
    Simbol-simbol ini memiliki arti yang wajib dikenali oleh para pemilik mobil. Daihatsu kemudian memberikan tips untuk lebih mengenali beberapa indikator di meter cluster agar pengemudi dapat memahami kondisi mobilnya dengan baik, berikut penjelasannya;
     

    1. Temperatur Mesin 

    Berfungsi untuk memberikan peringatan suhu panas di mesin mobil ketika mengalami overheat. Jika Anda mendapati kondisi ini maka perlu mematikan komponen elektronik yang bisa membebani mesin seperti AC maupun audio. Selanjutnya, pinggirkan mobil hingga idle beberapa saat dan matikan mesin agar suhu yang terlalu panas dapat turun. 
     

    2. Check Engine

    Memiliki bentuk gambar seperti mesin, apabila menyala mengindikasikan adanya suatu masalah yang terjadi pada bagian mesin atau control. Meski demikian, hal tidak selalu menunjukkan kerusakan serius bagi pengguna. Dapat diakibatkan adanya soket yang kendor, juga dapat menunjukkan adanya komponen/sensor mesin yang membutuhkan penggantian.
     

    3. Tekanan Oli Mesin 

    Berbentuk seperti teko dengan fluida menetes, jika menyala menandakan sistem pelumasan mesin mobil bermasalah. Dapat diakibatkan dari volume oli menurun atau dari sistem pelumasan yang bermasalah. Lakukan pengecekan volume oli dan tambahkan jika kurang dan cek adanya kebocoran. 

    Halaman Selanjutnya
      4. Pengisian Aki  Aki…


    Read All




    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id