Enam Jurus Aman Mudik dengan Sepeda Motor

    Ekawan Raharja - 28 Mei 2019 12:15 WIB
    Enam Jurus Aman Mudik dengan Sepeda Motor
    Pemudik yang menggunakan sepeda motor melintas di Jalan Kalimalang, Bekasi, Jawa Barat. Foto: MI/Arya Manggala
    Jakarta: Mudik dengan sepeda motor masih menjadi pilihan sebagian masyarakat Indonesia yang hendak ke kampung halamannya. Tentu saja mudik dengan sepeda motor akan lebih berat dibandingkan mudik dengan moda transportasi lainnya, dan dibutuhkan persiapan sampai teknik yang selama perjalanan.

    Dengan karakteristik sepeda motor, bukan hanya kondisi fisik yang harus dipersiapkan dengan baik oleh pemudik, akan tetapi sangat disarankan juga untuk mempersiapkan kendaraan dengan baik. Berikut 6 tips mudik aman dan nyaman dengan sepeda motor versi Shop&bike;

    1. Melakukan pengecekan menyeluruh terhadap kendaraan yang akan digunakan maksimal 1 minggu sebelum digunakan agar dapat melakukan adaptasi dengan kondisi kendaraan yang baru. Jangan lupa untuk memperhatikan beberapa bagian penting seperti kaca spion, sistem kelistrikan, lampu-lampu, rem, dan penggerak berfungsi dengan baik.

    Enam Jurus Aman Mudik dengan Sepeda Motor2. Waspada saat berkendara dengan memperhatikan keadaan depan, belakang, kanan, dan kiri kendaraan dengan selalu memperhatikan jarak antara kendaraan baik di depan maupun belakang.

    3. Pemudik menggunakan sepeda motor dihimbau untuk merencanakan perjalanan dengan baik termasuk mencari dan mengetahui jalur alternatif yang dapat dilalui, serta tidak membawa barang berlebih agar keseimbangan kendaraan tetap terjaga.

    4. Jika pengemudi sudah merasa lelah atau mengantuk sebaiknya berhenti di rest area untuk beristirahat. Saat beristirahat pastikan kembali bahwa melakukan pengecekan terhadap motor di beberapa bagian penting.

    5. Perhatikan juga perlengkapan berkendara wajib yang aman dan nyaman untuk digunakan seperti helm, sarung tangan, jaket, masker, celana panjang, sepatu. Kemudian siapkan pula jas hujan dengan warna yang mencolok.

    6. Jangan melupakan hal-hal penting lainnya seperti surat-surat penting yang dibutuhkan ketika berkendara, kelengkapan alat untuk saat-saat emergency, serta peralatan P3K agar selalu siap sedia di perjalanan mudik, sehingga mudik berjalan lancar dan menjadi momen membahagiakan bersama orang tersayang saat lebaran.



    (UDA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id