Mobil Bekas

    Ingin Jual Mobil dengan Harga Tinggi? Perhatikan Tips Berikut

    M. Bagus Rachmanto - 07 Juni 2020 12:03 WIB
    Ingin Jual Mobil dengan Harga Tinggi? Perhatikan Tips Berikut
    Ilustrasi. Autoguide
    Jakarta: Karakter pengguna mobil di Indonesia bisa dibilang cepat bosan, sebagian diantaranya mengganti kendaraan mereka setelah 3 sampai 5 tahun usia pemakaian.

    Hal ini merupakan suatu siklus yang lazim bagi para pemilik kendaraan roda empat ini. Namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan jika ingin dapat uang tambahan dari pernjualan mobil lama Anda dengan harga yang bertahan dan sesuai harga pasaran. Berikut tips dan trik seperti ditulis Mobil88.

    1. Beri Perhatian Kondisi Eksterior Mobil
    Hal pertama yang akan dilihat pada mobil bekas adalah tampilan luarnya atau eksterior. Untuk itu, agar mobil bisa terjual dengan harga yang sesuai, maka kondisi ekterior perlu dirawat dengan baik. Usahakan mobil kamu bebas dari baret, bekas tabrakan, dan dalam kondisi standar, tanpa modifikasi macam-macam. Keadaan tampilan yang banyak lecetnya akan sangat mungkin menurunkan harga, bahkan minat calon pembeli nantinya.

    2. Pertahankan Catatan Servis Rutin
    Hal berikutnya ini juga menjadi nilai utama yang dapat membuat mobil kamu memiliki nilai jual yang tinggi, tentunya dengan menjaga perawatan berkala atau servis rutin mobil akan membuat mobilmu ini terlihat lebih terawat dengan baik, tidak hanya asal pakai saja. 

    Jika Anda melakukan perawatan berkala di bengkel resmi akan lebih baik lagi, karena umumnya bengkel resmi memiliki catatan yang terdokumentasi dengan baik mengenai kondisi mobil tersebut. Selain itu, perawatan di bengkel resmi juga menjamin jika mobil kamu selalu menggunakan suku cadang resmi yang orisinil.

    3. Hitung Kembali Umur Mobil
    5 tahun adalah angka rata-rata pemilik mobil mengganti mobilnya dengan mobil baru, tapi bukan menjadi suatu keharusan ya. Sejatinya mobil dengan usia di bawah 5 tahun ini harga jualnya masih relatif aman, karena mobil dengan umur di atas lima tahun biasanya akan ada biaya untuk penggantian komponen sehingga membuat harga mobil menjadi lebih murah. 

    4. Jaga Kelengkapan Surat-surat
    Hal ini menjadi komponen yang cukup vital dalam menjual mobil, dimana legalitas kendaraan akan membuat harga mobil sesuai dengan harga pasar. Jika kelengkapan surat-surat seperti STNK, BPKB, dan juga faktur kendaraan tidak ada, maka bisa dipastikan harga mobilmu akan dihargai lebih murah. 

    Selain itu, tidak lengkapnya dokumen kendaraan ini juga bisa menimbulkan kecurigaan bagi calon pembeli akan barang curian dan lainnya. Untuk itu, selalu simpan baik-baik surat-surat penting seperti BPKB, STNK, dan pendukung lain seperti faktur pembelian. 

    Satu hal lagi yang dapat membuat harga mobil terjaga adalah adanya buku manual, buku servis, dan juga barang-barang standar mobil seperti peralatan P3K atau juga dongkrak bawaan mobil tersebut. Kalau semua kelengkapan ini tersedia bisa menjadi nilai tambah tersendiri.

    5. Jarak Tempuh mobil
    Biasanya mobil dengan jarak tempuh lebih rendah akan cenderung memiliki harga jual yang sedikit lebih tinggi. Tapi ini juga disesuaikan dengan kondisi fisik mobil dan juga kondisi mesin. Belum tentu mobil dengan kilometer rendah tapi tampilannya kurang menarik akan lebih mahal ketimbang mobil dengan kilometer tinggi dan tampilannya terawatt.

    Selain itu ada faktor juga dari jenis transmisi, mungkin di daerah kota besar mobil bertransmisi otomatis akan mempunyai nilai jual yang lebih tinggi karena lebih banyak dicari orang. Tapi kalau di daerah kondisinya akan berbeda, dimana mobil bertransmisi manual lebih banyak peminatnya. Kalau sudah begitu lokasi wilayah kamu menjadi penentu juga dari harga jual mobilnya. 


    (UDA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id