Tips Knowledge

    Kesalahan yang Kerap Dilakukan dan Tak Disadari Pemilik Motor

    M. Bagus Rachmanto - 16 Maret 2020 07:50 WIB
    Kesalahan yang Kerap Dilakukan dan Tak Disadari Pemilik Motor
    Mematikan mesin kendaraan saat mengisi BBM bisa menjauhkan dari masalah. Dok. MI
    Jakarta: Sepeda motor kini masih menjadi transportasi andalan masyarakat. Hal itu menjadikan motor sebagai pilihan terbaik untuk menembus macet dengan lebih efisien. 

    Sayangnya, banyak pemilik motor yang hanya menggunakan kendaraannya tanpa menyadari kesalahan fatal yang sering dilakukan. Berikut contohnya seperti ditulis Wahana Honda.  

    Menunda isi angin
    Ban terasa aneh, motor pun sering kurang stabil saat melaju kencang, pernah merasakan hal tersebut? Biasanya, hal ini diakibatkan kurangnya tekanan angin pada ban. Meski motor masih bisa digunakan karena ban tidak bocor, namun terus memakai motor saat ban kurang angin bisa membuat ban dalam mudah terkoyak dan pelek rawan bengkok.

    Memakai bensin oplosan
    Niat hati ingin lebih hemat dengan membeki bensin eceran, Anda bisa jadi malah 'mencelakai' motor sendiri. Kebanyakan bensin eceran bukanlah bensin murni dan sudah dioplos dengan bahan lain.

    Jika terus memakai bensin semacam ini, bagian mesin motor akan mudah rusak dan mengalami korosi. Jadi lebih baik mengeluarkan uang lebih untuk membeli bensin di SPBU demi membuat motor kesayangan lebih awet.

    Mencuci motor di bawah terik matahari
    Kebanyakan orang mencuci motornya di bawah terik matahari dengan tujuan motor cepat kering. Namun hal ini ternyata salah besar. Mencuci motor di bawah terik matahari bisa membuat warna body belang, terlebih lagi jika Anda menggunakan sembarang sabun dan bukan yang dikhususkan untuk motor.

    Menggunakan sparepart palsu
    Harga sparepart palsu alias KW memang jauh lebih terjangkau. Si penjual pun sering mengklaim bahwa sparepart KW tidak jauh beda kualitasnya dengan sparepart asli. Namun tanpa disadari, motor pun jadi lebih mudah rusak dan akhirnya Anda malah lebih banyak mengeluarkan uang untuk reparasi.



    (UDA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id