Tips Knowledge

    Oli Mesin Wajib Ganti saat Mobil Hanya Nongkrong di Rumah?

    Ekawan Raharja - 16 Mei 2020 12:46 WIB
    Oli Mesin Wajib Ganti saat Mobil Hanya Nongkrong di Rumah?
    Pertamina Lubricants melalui program Sharing is Caring menyediakan layanan pergantian oli di rumah. Pertamina Lubricants
    Jakarta: Selama imbauan di rumah saja dan work from home (WFH) sudah berlangsung selama satu bulan lebih membuat banyak mobil terparkir di garasi. Meski mobil hanya terparkir dan tidak digunakan, bukan berarti urusan ganti oli mesin bisa diabaikan.
     
    Manager Bengkel Fast, Satriawan Agung Prabowo, menjelaskan selama mobil parkir di rumah saja harus tetap diperhatikan kondisi olinya. Apabila sudah waktunya diganti maka sebaiknya bisa lekas digantikan.
     
    "Ganti oli (mesin) biasanya 3-5 ribu. Bahkan untuk mobil dahulu ada sampai 10 ribu," ungkap pria yang akrab disapa Tumenggung Prabowo di program Sambut Iftar Ala Medcom (SIAM).
     
    Lantas bagaimana dengan mobil tetap di rumah saja dalam waktu yang lama? Pemilik mobil tetap harus memperhatikan kondisi oli mesin karena memiliki masa pakai.
     
    "Kalau usianya sudah enam bulan sebaiknya diganti karena tetap sudah terpakai. Secara performa kinerja mutu sudah mengalami penurunan," jelasnya.
     
    Oli mesin di masa sekarang ini tidak sekadar berfungsi sebagai pelumas antar komponen di dalam mesin. Namun sekarang juga memiliki fungsi sebagai pembersih kotoran yang ada di ruang mesin dan pendingin. Sehingga kondisi oli mesin fatal apabila diabaikan.
     
    "Tujuan untuk merawat tadi menjaga performa mesin dengan maksimal. Memberikan cairan yang mutunya sudah turun, nantinya akan menurunkan performa kinerja mesin."
     
    Pembaca bisa mendapatkan berbagai tips berbagai hal selama bulan Ramadan ini di acara SIAM bersama dengan narasumber terpercaya. Pembaca setiap Medcom.id bisa menyaksikan di YouTube dan situs Medcom.id setiap pukul 15.00 WIB.



    (UDA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id