Mobil Mogok di Tengah Jalan? Jangan Panik, Lakukan Hal Ini

    Rendy Renuki H - 09 Januari 2021 17:48 WIB
    Mobil Mogok di Tengah Jalan? Jangan Panik, Lakukan Hal Ini
    Ilustrasi (Medcom.id/Mohammad Rizal)
    Jakarta: Mobil yang kurang perawatan tentu kerap merepotkan dan menimbulkan masalah. Bahkan tak menutup kemungkinan mobil mengalami mogok saat digunakan dalam perjalanan.

    Terlebih saat ini tengah memasuki musim hujan. Di mana performa mobil kadang terganggu akibat genangan air maupun banjir.

    Kondisi alam dan mesin yang kurang bagus tentu berpeluang menjadi penyebab mobil mogok. Namun sebagai pengendara, wajib hukumnya mengetahui apa yang harus dilakukan jika mobil mogok seketika di tengah jalan.

    Beberapa tips di bawah ini bisa menjadi pedoman untuk menghindari kecemasan saat mobil mogok. Sehingga kita dapat tetap berkendara dengan aman dan nyaman walau dalam keadaan tidak menguntungkan.

    Berikut tips jika mobil mogok di tengah jalan:

    1. Dorong mobil ke tepi jalan

    Sebelum memulai pengecekan pada mesin, dorong mobil hingga ke tepi jalan. Ini penting untuk mengamankan kendaraan dan menjaga keselamatan bagi pengguna jalan. Anda juga bisa meminimalisir risiko kecelakaan seperti tertabrak dari belakang.

    2. Nyalakan lampu Hazard

    Nyalakan lampu hazard atau penerangan lainnya saat mobil mogok di tengah jalan khususnya di malam hari. Lampu ini akan memberikan isyarat bagi pengendara lain di belakang bahwa mobil Anda sedang bermasalah.

    3. Pasang segitiga pengaman

    Dalam kondisi lalu lintas padat, pasang segitiga pengaman di bagian depan dan belakang mobil dengan jarak minimal empat meter dari tempat mobil berhenti. Jika lalu lintas sedang ramai lancar, jarak antara segitiga pengaman dan kendaraan minimal sekitar 10 meter. Dengan adanya segitiga pengaman, pengguna jalan lainnya akan lebih berhati-hati saat melintas. Untuk itu, pastikan untuk selalu membawa segitiga pengaman di bagasi mobil.

    4. Periksa Lampu Indikator Hingga Ban

    Simbol-simbol pada lampu indikator pada mobil bisa memberitahukan penyebab mobil mogok. Misalnya, jika suhu radiator terlalu tinggi atau saat bahan bakar habis. Apabila masalah tidak ada pada indikator, lakukan pengecekan pada mobil mulai dari ban, radiator, hingga aki. Untuk ban bermasalah bisa diatasi dengan menggunakan ban cadangan.

    5. Hubungi Jasa Derek

    Segera hubungi jasa derek apabila kesulitan mengatasi mobil mogok. Beberapa layanan bantuan jasa derek 24 jam yang bisa dihubungi ke lokasi kini banyak tersedia.

    (REN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id