comscore

Ternyata Perawatan Baterai Lithium-Ion Begitu Mudah, Ini Langkahnya

Ekawan Raharja - 04 Juli 2022 12:00 WIB
Ternyata Perawatan Baterai Lithium-Ion Begitu Mudah, Ini Langkahnya
Baterai lithium-ion di Suzuki Ertiga Hybrid. Suzuki
Jakarta: Suzuki Ertiga Hybrid menggunakan sejumlah komponen untuk bisa meningkatkan efisiensi bahan bakarnya. Salah satunya yang cukup penting untuk diperhatikan adalah baterai Lithium-Ion.
 
Asst. to Service Dept. Head PT Suzuki Indomobil Sales, Hariadi, menjelaskan baterai ini membutuhkan pemeriksaan ringan dengan cara mengikuti anjuran pemakaian agar keawetan dan usia pakai baterai terjaga dengan baik. Memeriksa baterai Lithium-ion dapat dilakukan secara mudah dan berbarengan dengan perawatan accu maupun komponen lain pada mobil pada umumnya secara berkala.
 
"Untuk memudahkan konsumen, bengkel resmi akan melakukan pengecekan bersamaan dengan periode servis rutin mobil. Guna menambah kepercayaan dan rasa tenang bagi konsumen, kami juga memberikan masa garansi yang panjang untuk baterai Lithium-ion yaitu selama 5 tahun atau 100.000 km," ungkap Hariadi melalui keterangan resminya.
 
Baterai Lithium-ion di Ertiga Hybrid mampu memberikan suplai listrik untuk komponen maupun fitur elektronik sehingga dapat meringankan beban kerja mesin sekaligus meningkatkan efisiensi konsumsi bahan bakar dan emisi gas buang. Perannya terasa penting dan sangat membantu terutama ketika Engine Auto Start-Stop sedang aktif. Untuk meningkatkan faktor keamanan, baterai Lithium-ion tersebut juga dilengkapi dengan wadah kedap udara sehingga membuat baterai aman dari kotoran maupun cipratan air. 
 
Kiat pemeriksaan pertama yang paling mudah dilakukan adalah memastikan sisa kapasitas daya baterai selalu dalam kondisi yang cukup atau penuh, dengan cara melihat indikator baterai yang ada di MID (Multi Information Display). Apabila kapasitas daya baterai menurun atau berkurang, konsumen disarankan melakukan isi ulang daya baterai dengan cara deselerasi regeneratif saat berkendara maupun rutin menghidupkan mesin jika mobil jarang digunakan.







Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id