Perawatan Kendaraan

    Bahaya Disinfektan pada Cat Mobil dan Cara Mengatasinya

    M. Bagus Rachmanto - 10 Juli 2020 11:53 WIB
    Bahaya Disinfektan pada Cat Mobil dan Cara Mengatasinya
    Ilustrasi. Mobil88
    Jakarta: Penggunaan cairan disinfektan kian marak di tengah penyebaran virus corona seperti sekarang ini. Mulai dari jalan umum, dalam rumah, bahkan mobil pun tak luput dari semprotan cairan disinfektan. Namun, cairan disinfektan yang disemprotkan langsung ke mobil ternyata punya efek pada cat mobil lho. 

    Sekarang ini ketika masuk ke dalam komplek perumahan, mobil kita juga bisa kena semprot disinfektan ini. Untuk disinfektan yang berbahan dasar alkohol, memang tidak ada dampak langsung yang ditimbulkan pada cat mobil. Namun, untuk disinfektan yang punya bahan dasar seperti pemutih atau karbol, dampaknya dapat menyebabkan menurunkan kualitas warna atau korosi warna pada cat mobil. 

    Lalu bagaimana cara untuk mengatasinya ketika mobil kamu terkena cairan disinfektan ini? Berikut tips yang dibagi Mobil88. 
     
    1. Segera Cuci Mobil Sebelum Timbul Bercak 
    Setiap kali usai mobil mendapat semprot cairan disinfektan, ada baiknya langsung disiram dengan air mengalir. Tapi akan lebih baik jika kamu langsung mencucinya dengan air begitu sampai rumah dan diusahakan menggunakan sabun atau sampo mobil. 

    Kamu mungkin tidak tahu apa kandungan dari disinfektan yang disemprot ke mobil Anda, untuk itu jika sampai timbul bercak di cat mobil, harus langsung segera dicuci. Berita baiknya, meski timbul bercak, bercak tersebut tidak akan sampai merusak lapisan cat mobil. 

    2. Compounding dan Polishing 
    Jika mobil sudah dicuci dan ternyata meninggalkan flek air yang sudah menempel, atau warna mobil sudah terlanjur menjadi kusam, sebaiknya melakukan tahap compounding dan polishing. Atau paling awal bisa menggunakan metode claying untuk menghilangkan bercak pada mobil tersebut. 

    Kalau tidak hilang juga, bisa menggunakan produk poles 2 in 1, dicoba gosok pakai kain pelan-pelan sampai bercak tersebut hilang. Untuk flek air yang sulit dihilangkan, dapat juga menggunakan produk water spot remover yang dapat ditemukan dengan mudah di pasaran.
    Dalam tahap compounding dan polishing ini, coba digosok menggunakan kain microfiber. 
    Biasanya jika langsung dibersihkan seharusnya flek air tersebut tidak akan menempel terlalu keras. 

    Untuk bekas disinfektan yang menempel pada kaca mobil juga seharusnya dapat hilang dengan cara dicuci menggunakan air dan sampo mobil. 

    (UDA)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id