Tips Keselamatan Berkendara

    Modifikasi Motor Ekstrem Bukan untuk Harian

    M. Bagus Rachmanto - 27 Maret 2020 17:09 WIB
    Modifikasi Motor Ekstrem Bukan untuk Harian
    Melakukan modifikasi dengan mengubah bentuk beberapa bagian dari sepeda motor, jadi hal ilegal yang berpotensi melanggar aturan lalu lintas. Wahana
    Jakarta: Keamanan dan keselamatan dalam berkendara merupakan fokus utama bagi pengguna jalan raya. Masih minimnya kesadaran akan keselamatan dan keamanan dalam berkendara, khususnya di Indonesia membuat kita semua wajib prihatin dengan kondisi ini. Keamanan dan juga keselamatan kendaraan roda dua terkadang terkait dengan masalah modifikasi motor.

    Modifikasi motor merupakan sebuah kegiatan yang cukup menyenangkan dan juga banyak sekali dilakukan oleh para pecinta otomotif terutama pecinta dan pengendara motor. Modifikasi motor bisa membuat tampilan motor menjadi lebih keren dan juga lebih menarik dari segi tampilan. Tapi perlu diingat dan dipahami beberapa peraturan yang harus ditaati sebelam memodifikasi mtoor dan mengutamakan keselamatan. bahwa memodifikasi sepeda motor ada


    Perubahan Kapasitas Mesin

    Peraturan yang sangat sering dilanggar dan juga tidak diindahkan adalah merubah kapasitas mesin pada kendaraan bermotor. Merubah kapasitas mesin ini biasanya sangat gemar dilakukan untuk meningkatkan performa sepeda motor. Sebenarnya menurut peraturan hal ini sangat tidak dianjurkan dan dibenarkan, apalagi untuk dijadikan sebagai sepeda motor yang digunakan sehari–hari.

    Memang bore up menjadi salah satu solusi untuk meningkatkan performa bagi sepeda motor keluaran lama, tapi bro sayangnya melakukan bore up ini melanggar peraturan. Jadi disarankan dan lebih baik merawat mesin standar secara berkala.


    Memotong Rangka dan Mengubah Dimensi

    Selain bore up, modifikasi yang sering terlihat adalah dengan mengubah dimensi dan juga rangka pada kendaraan roda dua. Modifikasi tipe ini sangat marak di Indonesia karena terlihat sangat menawan dan keren dari segi tampilan.

    Tapi perlu diingat, dimensi dan rangka sebuah kendaraan dirancang khusus melalui pengujia. Desainnya juga disesuaikan dengan kondisi dan juga jalan yang ada, sehingga terkadang memotong rangka mengubah dimensi dijamin tidak selalu aman yang berarti juga mengurangi keselamatan berkendara.


    Mencopot Alat dan Perlengkapan Standar Sepeda Motor

    Pertama dan yang paling utama, spion. Tak sedikit spion bawaan pabrik diganti pemilik dengan alasan kurang kuren. Tapi sebenarnya spion dari pabrik itu sangat efektif untuk melihat kendaraan yang ada di belakang saat kita berbelok.

    Jangan sampai Anda mencopot spion standar sepeda motor, apalagi sampai tidak memasang spion saat berkendara. Ganti spion aftermarker yang memiliki pandangan yang benar–benar terlihat.

    Selain spion adaalah mengganti knalpot standar dengan bvarang aftermarket yang memiliki bunyi sangat nyaring. Selain mengganggu pengendara lain, mengganti knalpot bawaan pabrik dengan barang kualitas KW bisa malah akann membut mesin motor cepat rusak.

    Pastikan modifikasi ekstrem hanya diaplikasikan pada motor khusus kompetisi dan bukan untuk penggunaan harian, sehingga tidak harus mengorbkan faktor keselamatan demi penampilan.

    Dan memang kalau ingin memodifikasi motor untuk perlombaan kontes silakan saja bebas memodifikasi sepuas dan sekreatifnya tapi jika dipakai harian maka memang harus sesuai dengan peraturan.

    Jadi intinya boleh saja memodifikasi motor, selama itu tidak melanggar peraturan yang sudah ada. Nah, poin penting modifikasi motor adalah seperti yang sudah disebutkan di atas.

    (UDA)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id