Tips Otomotif

    Mau Beli Mobil Baru Awal Tahun? Cek Panduannya

    Ekawan Raharja - 11 Januari 2021 11:00 WIB
    Mau Beli Mobil Baru Awal Tahun? Cek Panduannya
    Minta penawaran dan promo kepada tenaga penjual sebelum membeli mobil baru. Auto2000
    Jakarta: Awal tahun merupakan momen yang tepat untuk membeli mobil baru. Mengingat banyak orang yang membutuhkan mobil baru untuk berbagai kebutuhan mereka dan kepentingan juga.
     
    Nah sebelum membeli mobil baru, tidak memperhatikan sejumlah hal. Auto2000 membagikan sejumlah panduan ketika hendak membeli mobil baru di tahun 2021.
     

    1. Perhitungan Budget

    Perhitungan budget merupakan langkah paling penting yang akan menentukan arah kebijakan keuangan keluarga ke depan. Khususnya ketika memutuskan untuk membeli mobil baru secara kredit dengan kewajiban rutin mencicil selama sekian tahun.
     
    Hal-hal yang harus diperhatikan adalah cicilan perbulan tidak boleh lebih dari 30 persen pendapatan bulanan. Itupun sudah termasuk pembayaran lain seperti cicilan rumah atau kartu kredit.
     
    Pertimbangkan down payment (DP) karena semakin besar DP akan meringankan beban pengeluaran bulanan. Perhitungkan pula tenor karena akan berpengaruh ke besar cicilan perbulan. Pelajari metode pembayaran yang tersedia, dimana dealer resmi bisa menerima pembayaran secara tunai, kredit, atau trade-in (tukar tambah).
     

    2. Pilih Model yang Sesuai

    Setiap berkunjung ke dealer tentu memiliki banyak opsi mobil baru yang bisa dipilih. Misal, jika kebutuhannya untuk membelikan anak kesayangan bisa dipilih hatchback, sementara jika ingin merintis usaha penyewaan mobil online bisa melirik MPV 7 penumpang yang lebih terjangkau dengan kapasitas lebih besar. Sedangkan bila kerap bepergian ke luar kota, SUV bisa dimasukkan ke dalam pilihan. 
     

    3. Minta Penawaran

    Setelah menghitung biaya dan mendapatkan model yang sesuai kebutuhan, Anda bisa meminta penawaran dan nantinya akan ditindaklanjuti oleh Salesman untuk mendapatkan informasi lebih detail mengenai mobil baru yang akan dibeli. Di sini Anda juga bisa meminta perhitungan lebih lengkap jika ingin membeli secara kredit atau trade-in, sehingga bisa mendapatkan skema pembelian yang paling pas.
     

    4. Ajukan Test Drive

    Jangan lupa untuk meminta test drive untuk merasakan bagaimana sensasi berkendara dan sejumlah fitur yang ditawarkan mobil impian Anda. Dealer resmi biasanya memberikan fasilitas tersebut, dan bahkan untuk pengajuan ini bisa dilakukan secara online.
     
    5. Manfaatkan Promo yang Ditawarkan
    Setiap dealer resmi biasanya memiliki beragam macam promo yang bisa dimanfaatkan oleh konsumen untuk membuat pembelian mobil mereka lebih terjangkau. Di Auto2000 sekarang ini sedang menawarkan berbagai macam promo penjualan mobil seperti promo Pilih Mobil Semudah Cicilannya dan Promo Lebih Ringan Cicil Toyota.
     
    “Awal tahun merupakan saat yang tepat untuk membeli mobil baru. Tapi sebelum itu, perhatikan beberapa hal supaya bisa mendapatkan mobil yang sesuai dengan anggaran keuangan keluarga,” terang Chief Executive Auto2000, Martogi Siahaan, Sabtu (9/1/2021).

    (ERA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id