comscore

Mengenal Traction Control System dan Cara Perawatannya

Ekawan Raharja - 21 Februari 2022 10:00 WIB
Mengenal Traction Control System dan Cara Perawatannya
Traction Control System sudah mulai disematkan di sejumlah sepeda motor sekarang. Yamaha
Jakarta: Sejumlah sepeda motor sekarang ini sudah dilengkapi dengan beragam fitur canggih untuk meningkatkan keamanan serta kenyamanan berkendaran. Salah satu yang fitur yang cukup umum disematkan adalah Traction Control System (TCS).

TCS merupakan fitur keselamatan berkendara yang mampu menjaga ban dari kondisi slip. Sehingga pengendara tidak perlu khawatir ketika melintasi permukaan jalan yang licin seperti jalan berpasir atau yang basah akibat guyuran hujan.
Terdapat dua komponen penting dalam TCS yaitu speed sensor dan ECU. Sistem kerja TCS dimulai dari speed sensor yang akan mengirimkan sinyal terkait putaran roda ke ECU, jika terdeteksi perbedaan putaran yang berlebih pada roda belakang akibat ban slip, maka ECU akan memundurkan waktu pengapian serta menghentikan supply bahan bakar sementara. Hasilnya tenaga mesin dan putaran ban belakang berkurang sehingga dapat menghindari kemungkinan terjatuh akibat slip.

”Perkembangan teknologi otomotif roda dua turut menghadirkan TCS yang kian mendukung aktivitas berkendara. Manfaat fitur keselamatan ini membuat pengguna motor semakin menikmati dalam menjalani kegiatannya karena dapat melewati kondisi jalan yang licin tanpa khawatir ban slip,” ungkap Manager After Sales Main Dealer Yamaha PT Thamrin Brothers (Sumatera Selatan & Bengkulu), Muslian, melalui keterangan resminya.

Cara Merawat TCS

Mengingat TCS memanfaatkan perangkat speed sensor yang terletak di bagian roda depan dan belakang, maka area kaki-kaki motor harus dibersihkan dari debu dan kotoran yang menempel. Serta berkendara secara hati-hati dan hindari benturan yang dapat merusak perangkat speed sensor.







Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id