Efek Buruk Salah Memilih Jenis Ban Mobil

    M. Bagus Rachmanto - 06 Januari 2020 07:55 WIB
    Efek Buruk Salah Memilih Jenis Ban Mobil
    Pemilihan ban harus disesuaikan dengan mobil yang akan digunakan. Goodyear
    Jakarta: Saat ini produsen ban sudah mengeluarkan produk yang didesain khusus untuk mobil tertentu. Jangan sampai mobil kesayangan anda salah memilih ban karena dapat berakibat fatal.
     
    Di Indonesia, mobil yang cukup laris merupakan mobil dengan gaya sport utility vehicle (SUV) dan multi purpose vehicle (MPV). Lantas adakah perbedaan ketika memilih ban untuk kedua mobil tersebut?
     
    "Kebanyakan mobil SUV body-nya lebih berat dari MPV. Beratnya beda-beda sekitar 0,5 - 1 ton. Jadi load index harus diperhatikan," ucap Manajer Produk dan Trade Marketing Goodyear Indonesia, Arfianti Puspitarini, di Jakarta, beberapa waktu lalu.

    Dia menjelaskan jika load index tidak sesuai, efeknya ban bisa meledak karena kelebihan beban. Kekuatan load index ini ditentukan oleh berbagai hal, mulai dari kerangka ban, struktur ban, campuran material, dan berbagai hal lainnya. Load Index bisa dilihat dari kode ban yang posisinya berada di dinding ban.

    Selain itu ukuran ban di setiap mobil juga berbeda-beda. Jika ukuran ban salah pilih bisa berakibat ban mentok dengan fender mobil.
     
    "Kalau jaman dahulu ukuran ban cuma 1-2 macam, sekarang sudah dibuat spesifik. Ukurannya sudah kita pisahkan yang SUV atau model lainnya," lanjut wanita yang akrab disapa Rini ini.
     
    Perbedaan yang bisa mudah dilihat dari kembangan yang digunakan. Mobil SUV dan MPV memiliki peruntukan yang berbeda, sehingga kembangan pun disesuaikan.

    "Kalau ban untuk MPV dibuat lebih rapat kembangannya. Sedangkan untuk mobil SUV dibuat sedikit lebih kasar karena ada kemampuan untuk offroad," tukas Rini.
     
    Sebagai contoh, Goodyear Indonesia memiliki ban yang didesain untuk sedan dan MPV seperti Goodyear Assurance Duraplus. Sedangkan untuk ban khusus SUV, konsumen bisa memilih Goodyear Wrangler TripleMax.
     
    "Wrangler TripleMax memiliki blok besar dengan biting edges yang tinggi dan rongga lebih lebar. Konstruksinya dan tali carcass lebih kuat sehingga cocok untuk mobil SUV," tambah Rini.
     
    Nah sudah tahukan perbedaanya. Jadi jangan sampai salah pilih ban lagi.



    (UDA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id