Tips Beli Kendaraan Bekas

    Beli Kendaraan Tanpa BPKB Rawan Terseret Masalah Hukum?

    Ahmad Garuda - 28 Mei 2020 10:13 WIB
    Beli Kendaraan Tanpa BPKB Rawan Terseret Masalah Hukum?
    Membeli kendaraan yang tak dilengkapi dengan BPKB, rawan terseret masalah hukum? (ANTARA FOTO/Eric Ireng)
    Jakarta: Membeli kendaraan (motor atau mobil) dalam kondisi bekas, kadang-kadang tak disertai dengan kelengkapan surat yang seharusnya ada. Misalnya ada catatan khusus dari penjual bahwa Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB) hilang. Tentu membeli kendaraan jenis ini sangat berisiko besar karena bisa jadi motif jual beli kendaraan seken.

    Sebagai calon konsumen, Anda wajib lebih teliti untuk urusan ini. Mengingat selain risiko tertipu jual beli kendaraan seken, juga bisa terseret masalah hukum. Hal ini dikatakan langsung oleh Juno penyedia jasa cek unit jual beli motor dari @infostoringmoge24jam, bahwa hal in isangat perlu diwaspadai.

    "Main beginian mah, masih wilayah abu-abu. Tidak melanggar hukum memang, tapi Anda sangat berisiko untuk terseret masalah hukum. Harus sangat berpengalaman dalam hal membeli kendaraan tanpa BPKB," ujar Juno ke Medcom.id.

    Ia pun mencontohkan soal risiko hukum yang terjadi. Misalnya jika kendaraan tersebut sebelumnya hasil penjualan dari kendaraan yang dicuri, atau kendaraan yang tersangkut masalah kriminal dan lain sebagainya, sangat mungkin untuk disita kepolisian sebagai barang bukti. Sebagai pemilik baru, sudah pasti akan ikut terseret ke ranah hukum, padahal pemilik baru kendaraan tersebut tak tahu apa pun kendaraan tersebut sebelumnya.

    "Risiko sebenarnya sangat banyak kalau membeli kendaraan tanpa BPKB. Sebagai pemain di jual beli kendaraan bekas, Saya cuma menyarankan agar sebelum membeli kendaraan tanpa BPKB ini, harus mengumpulkan data sebanyak-banyaknya, terutama soal sejarah kendaraan tersebut."

    Juno menegaskan bahwa untuk barang yang masuk kategori hobi, tentu akan berbeda jika tak memiliki BPKB. Ia mengatakan bahwa untuk kendaraan seken yang masuk kategori barang hobi, meski tanpa BPKB, bisa dilacak rekam jejaknya. Misalnya motor ini awalnya punya siapa, lalu dibeli siapa, kejadian yang pernah dialami motor ini dan lainnya.

    "Jadi kita tahu bahwa kendaraan jenis koleksi tak memiliki BPKB. Lagi pula kendaraan yng masuk kategori koleksi, kebanyakan juga untuk pajangan saja."

    Jadi, wajib melakukan pengecekan lebih jauh jika ingin membeli kendaraan tanpa BPKB. Memang biasanya harga kendaraan-kendaraan ini jauh di bawah pasaran. Namun untuk digunakan sehari-sehari seperti untuk kendaraan operasional, sebaiknya jangan ambil risiko.

    (UDA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id