Safety Riding

    Ada 120 Potensi Bahaya di Jalan yang Siap Mengintai

    Ekawan Raharja - 28 September 2020 17:00 WIB
    Ada 120 Potensi Bahaya di Jalan yang Siap Mengintai
    Jalan raya memiliki resiko kecelakaan yang tinggi. Honda
    Jakarta: Berkendara di jalan raya merupakan salah satu kegiatan yang berbahaya karena resiko terjadi kecelakaan sangat tinggi. Sehingga para pengguna jalan, khususnya pengendara sepeda motor, harus selalu waspada, berhati-hati, serta selalu menerapkan teknik berkendara yang baik dan aman.
     
    Berdasarkan simulasi berkendara yang dikembangkan dalam Honda Riding Trainer, ada 120 jenis potensi bahaya di jalan yang dapat diketahui oleh para bikers. Safety Riding Department Head PT Astra Honda Motor, Lucky Margo Utomo, menyarankan untuk para pengendara sepeda motor mengetahui bahaya-bahaya apa saja yang mereka bisa dapat dan bagaimana mengantisipasinya.
     
    “Para bikers perlu mengetahui apa saja potensi bahaya yang ditemui di jalan dan bagaimana cara mengatasinya. Pengetahuan dan tips ini bisa mengurangi resiko saat berkendara di berbagai kondisi jalan," ungkap Safety Riding Department Head PT Astra Honda Motor, Lucky Margo Utomo, melalui keterangan resminya.
     
    Secara garis besar, jenis potensi bahaya di jalan raya terbagi menjadi tiga jenis. Pertama, potensi bahaya yang terlihat oleh pengendara tanpa perlu diprediksi oleh para pengendara sepeda motor. Seperti contoh kendaraan yang berhenti di pinggir jalan atau kondisi mengantuk saat  berkendara.
     
    Selanjutnya, potensi bahaya yang dapat menarik perhatian dan konsentrasi bikers. Potensi bahaya ini belum terlihat akan tetapi sudah memberikan tanda-tanda untuk menarik perhatian, seperti kendaraan lain yang memberikan tanda lampu sein atau kondisi kendaraan yang menggunakan ban sudah aus. Potensi bahaya ini dikategorikan tingkat menengah dan dibutuhkan pengetahuan lebih untuk menanganinya dengan baik.
     
    Terakhir, potensi bahaya yang membutuhkan kemampuan prediksi bahaya tingkat yang lebih tinggi yakni potensi bahaya yang tidak terlihat secara langsung oleh mata bikers. Hal paling mudah sebagai contohnya adalah kendaraan yang muncul secara tiba-tiba saat di persimpangan jalan.
     
     

    Sumber Potensi Bahaya

    Ada 120 Potensi Bahaya di Jalan yang Siap Mengintai

    Sumber potensi bahaya di jalan sangat banyak, namun dapat kita golongkan dalam tiga sumber. Pertama, potensi bahaya dari sisi manusia tanpa sadar menimbulkan bahaya seperti kelelahan yang menyebabkan kantuk, emosi yang tidak terjaga, dan juga tidak patuh rambu lalu lintas di jalan raya. Bahkan gangguan kecil saat berkendara dapat menjadi potensi bahaya seperti bersin yang dapat mengganggu pandangan ataupun saat konsentrasi bikers terganggu.
     
    Kedua, potensi bahaya yang bersumber dari kendaraan yang digunakan. Hal ini sering terjadi karena kurangnya kesadaran bikers untuk secara rutin melakukan perawatan kendaraan di bagian-bagian yang krusial untuk keselamatan, misalnya sistem pengereman. Ketiga, potensi bahaya dari lingkungan seperti kondisi jalan yang tidak diketahui oleh bikers, kondisi cuaca seperti kabut yang sering turun di daerah pegunungan ataupun kondisi hujan yang menjadikan jalanan lebih licin.
     
    “Banyak kendaraan yang dimodifikasi tidak sesuai dengan peraturan berkendara sehingga sangat bahaya bagi bikers, seperti penggunaan ban kecil. Maka, alangkah baiknya dalam memodifikasi kendaraan untuk tetap memperhatikan unsur-unsur keselamatan dan juga kenyamanan saat berkendara,” ujar Lucky.
     
    Untuk mengatasi potensi bahaya, bikers dapat meningkatkan kemampuan prediksi bahaya dan juga menguatkan teknik berkendara. Meningkatkan kemampuan prediksi bahaya dapat dilakukan dengan berbagai cara, misalnya dengan belajar dari pengalaman diri sendiri dengan menambah jam terbang di berbagai kondisi jalan. Kedua, dapat juga belajar dari pengalaman orang lain dengan membaca atau mengikuti komunitas sepeda motor sebagai wadah dalam berbagi pengalaman berkendara. Ketiga, dapat belajar dari alat simulator berkendara sepeda motor seperti Honda Riding Trainer yang tersedia di AHM-Safety Riding Park, Deltamas, Bekasi dan 940 dealer di berbagai wilayah Main Dealer Honda.
     
    “Para bikers dapat mengikuti kelas safety riding ataupun menggunakan alat simulator berkendara yang dapat meningkatkan kemampuan prediksi bahaya di jalan serta meningkatkan kemampuan analisa kondisi jalan,” Lucky.
    (ERA)
    • Halaman :
    • 1
    • 2
    Read All

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id