Tips Motor

    Doyan Bensin Oplosan, Bahaya Buat Mesin

    Ekawan Raharja - 08 September 2020 16:00 WIB
    Doyan Bensin Oplosan, Bahaya Buat Mesin
    Ilustrasi bensin eceran. MI/Ramdani
    Jakarta: Hingga sekarang ini masih ada pemilik kendaraan bermotor, khususnya sepeda motor, yang suka mencampurkan berbagai jenis bensin ke sepeda motor. Mitosnya dengan mencampurkan bensin dengan oktan lebih tinggi dan lebih rendah, maka akan menghasilkan perpaduan oktan baru, seperti contoh oktan 90 dicampurkan dengan oktan 92 akan menghasilkan bensin oktan 91.
     
    Padahal ini adalah hal yang keliru dan berpotensi membahayakan mesin. Astramotor bahkan merilis sejumlah resiko yang bisa dialami kuda besi apabila menegak bensin oplosan.
     

    1. Mesin Jadi Makin Berisik

    Akibat yang pertama kali muncul di mesin karena menggunakan bensin oplosan adalah suara mesin motor kamu yang jadi lebih berisik dari biasanya. Mengapa demikian?
     
    Alasannya karena mesin motor kamu terdapat banyak kerak akibat sering menggunakan bensin oplosan. Bensin oplosan yang komposisinya tidak sesuai dengan spesifikasi mesin akan memunculkan banyak kerak di piston, kepala silinder, dan sekeliling payung klep.
     
    Adanya kerak ini akan menimbulkan knocking di mesin sepeda motor. Knocking di mesin inilah yang akan membuat suara mesin motor kamu menjadi lebih berisik dan tentunya tidak nyaman bagi penumpang.
     

    2. Performa Motor Jadi Makin Loyo

    Selain suara mesin yang makin berisik, performa mesin motor juga bisa jad makin loyo karena menggunakan bensin oplosan. Hal ini lagi-lagi dikarenakan banyaknya kerak atau endapan yang ada di mesin motor.
     
    Bahkan tidak cuma makin loyo, tapi motor bisa juga tiba-tiba mogok. Kondisi seperti ini pun bisa membuat pembakaran bahan bakar motor semakin boros. Akibatnya, uang yang keluar dari kantong pun semakin banyak.
     
    Tidak cuma itu, lama kelamaan mesin motor juga bisa rusak karena terlalu banyak kerak menempel di mesin motor. Alhasil, motor sering keluar masuk bengkel bahkan bisa turun mesin juga.
     
    Sudah tahu resikonya. Masih mau pakai bensin oplosan?

    (ACF)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id