Tips Knowledge

    Trik Mudah Atasi Kopling Sedan Macet Usai Terjang Banjir

    M. Bagus Rachmanto - 26 Februari 2020 10:35 WIB
    Trik Mudah Atasi Kopling Sedan Macet Usai Terjang Banjir
    Ilustrasi. Istimewa
    Jakarta: Mobil sangat berguna untuk membantu aktifitas kita di saat hujan karena memiliki kabin tidak seperti motor. Namun, yang perlu diingat pengguna sedan hanya perlu hati-hati ketika menerjang genangan air.
     
    Salah satu masalah yang akan dihadapi adalah macetnya kopling akibat kemasukan air dari lubang pembuangan kotoran kopling. Hal tersebut disampaikan Fahmi mekanik yang juga merupakan pemilik bengkel mobil Fahmi Jaya Motor di bilangan Bekasi, Jawa Barat.
     
    Fahmi mengaku bengkelnya dalam sebulan pernah menerima 20 mobil jenis sedan dengan keluhan kopling macet. Penyebabnya, mobil menerobos banjir.

    Biasanya, setelah menerjang banjir, keesokan hari atau setelah parkir lama, mobil-mobil tersebut akan bermasalah. Pengguna akan kesulitan memasukan gigi ketika akan menjalankan mobil.
     Trik Mudah Atasi Kopling Sedan Macet Usai Terjang Banjir
    Tapi tak usah khawatir. Ada cara mengatasinya. Menurut Fahmi hal itu bisa diatasi dengan menginjak-injak kopling kurang lebih selama 30 menit dalam keadaan mesin hidup agar air yang masuk melalui lubang pembuangan kopling yang berada di bawah transmisi menjadi kering. Yang harus diingat, tindakan itu harus dilakukan sebelum mesin mobil dimatikan setelah melewati banjir.
     
    Menurut Fahmi, masalah kopling macet umumnya dialami mobil dengan transmisi manual. Mobil transmisi otomatis relatif aman untuk melewati banjir selama sil converter (sil pompa oli) masih bagus. Kondisi sil yang masih bagus mampu menahan air masuk atau kedap air. Transmisi otomatis pun tentunya memiliki cara kerja yang berbeda dengan yang manual.
     
    Sayangnya, ada pengecualian juga. Mobil dengan transmisi otomatis keluaran tahun lama, harus lebih hati-hati karena kemungkinan sil converter-nya sudah keras sehingga tidak kedap air. Kondisi demikian membuat mobil rentan bermasalah saat menghadapi genangan.
     
    Untuk mengetahui apakah sil converternya sudah tidak ideal, ciri-cirinya bisa anda kenali, "Oli transmisi rembes dan tarikan tenaga mobil berkurang," kata Fahmi.
     


    (UDA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id