Tips Knowledge

    Benarkah Menyalakan Lampu Terus Menerus Bikin Aki Tekor?

    M. Bagus Rachmanto - 16 Juli 2020 14:02 WIB
    Benarkah Menyalakan Lampu Terus Menerus Bikin Aki Tekor?
    Pemasangan aki, adalah hal pertama yang ikut mempengaruhi usia aki. Youtube
    Jakarta: Kendaraan roda dua atau sepeda motor wajib menyalakan lampu depan baik di waktu siang ataupun malam. Terkait hal tersebut ada anggapan, dengan menyalakan lampu secara terus menerus maka dapat membuat aki tekor.

    Untuk mengetahui lebih lanjut, berikut penjelasan singkat seperti ditulis Wahana Honda.

    Lampu tidak memiliki kaitan dengan cepat tekor atau tidaknya aki motor
    Aki pada kendaraan bermotor termasuk sepeda motor berfungsi sebagai tempat untuk menyimpan arus satu arah, di mana untuk mengisi arus tersebut dapat diperoleh dari generator atau spull. Di dalam aki terdapat sistem berpola charge dan recharge atau mengisi dan melepaskan.

    Aki akan langsung bekerja secara otomatis ketika mesin motor dan lampu dihidupkan. Dalam keadaan seperti itu, aki akan terus menerus menyuplai arus listrik ke komponen lain termasuk lampu dan arusnya sendiri juga terus diisi oleh generator agar tetap seimbang. Adapun ketika menghidupkan motor dan kemudian lampu menjadi putus, hal tersebut dikarenakan terdapatnya pengaksesan idle atau rpm yang cukup tinggi secara mendadak.

    Jadi dapat dikatakan, walaupun ada kaitannya antara lampu dengan aki, pemahaman dan persepsi bahwa menyalakan lampu secara terus menerus tersebut dapat membuat aki soak adalah tidak benar karena selama arus pada kumparan terus terisi dengan penuh dan seimbang, maka lampu dinyalakan sesering mungkin pun tidak menjadi satu masalah.

    Ditambah lagi, sekarang ini kebanyakan motor keluaran terbaru sudah dilengkapi dengan auto headlight on (AHO) yang dapat membuat lampu dapat langsung menyala ketika kunci diarahkan ke posisi on.

    Penyebab aki motor mudah tekor
    Untuk permasalahan aki cepat tekor atau aus bukanlah disebabkan oleh sering dinyalakannya lampu siang sampai malam setiap hari, melainkan karena beberapa hal. Penyebab pertama adalah dikarenakan penggunaan alarm pada motor yang membuat daya aki tersedot cukup besar.

    Kedua adalah modifikasi motor yang berlebihan, seperti menambahkan lampu-lampu aksesori dan sejenisnya yang mana membutuhkan daya besar dan secara langsung mengurangi daya aki. Ketiga adalah dikarenakan ada permasalahan pada kiprok yang menjadi ‘nyawa’ dari aki itu sendiri. Kemudian penyebab lainnya adalah terjadinya korsleting pada motor dan yang terakhir adalah dikarenakan motor tidak digunakan dalam jangka waktu lama, namun kabel konektor menuju aki tidak dilepas sehingga listrik terus mengalir dan bekerja.



    (UDA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id