Wiper Mobil Mulai Lamban? Cek Tiga Komponen Imi

    M. Bagus Rachmanto - 09 Januari 2020 12:33 WIB
    Wiper Mobil Mulai Lamban? Cek Tiga Komponen Imi
    Komponen ini berfungsi menyeka kaca secara otomatis ketika hujan turun untuk menjaga visibilitas si pengemudi. Medcom.id/Ahmad Garuda
    Jakarta: Wiper menjadi salah satu komponen penting ketika mobil sedang melaju di tengah guyuran hujan. Komponen ini berfungsi menyeka kaca secara otomatis ketika hujan turun untuk menjaga visibilitas si pengemudi.
     
    Tentu saja kecepatan wiper menyeka kaca untuk mengimbangi intensitas hujan yang turun. Jika wiper sudah terasa lamban, maka perlu dilakukan pengecekan apakah wiper berfungsi maksimal atau sudah mulai ada perawatan yang harus dilakukan.
     
    Menurut laman Mekanik Mitsubishi, setidaknya ada 3 hal yang membuat wiper lamban. Pemilik mobil bisa melakukan pemeriksaan sendiri atau bahkan melakukan perbaikan di rumah jika memang paham cara melakukannya.

    Ganti karet wiper yang sesuai standar
    Pertama-tama harus mencari tahu penyebab wiper mobil bergerak lamban. Biasanya hal tersebut dikarenakan ukuran karet pada wiper tidak sesuai standar, bisa jadi ukuran karetnya lebih panjang dari ukuran yang asli.
     
    Sehingga beban wiper menjadi lebih berat dan mengakibatkan geraknya menjadi lamban. Sebaiknya segera ganti karet pada wiper mobil dengan karet yang sesuai standar. Jika hal tersebut sudah dilakukan tetapi wiper tetap tidak bergerak dengan lancar maka bisa jadi penyebabnya ada pada kerusakan dinamo wiper. Segeralah perbaiki dinamo wiper pada bengkel dinamo agar masalah tersebut cepat teratasi.
     
    Periksa bagian kelistrikan
    Ada sebagian orang pernah mengalami masalah wiper mobil yang bukan hanya bergerak lamban, tetapi semakin parah yaitu macet. Untuk mengatasinya perlu memeriksa sekring yang terdapat pada wiper. Jika sekringnya baik-baik saja, bisa beralih pada motor penggeraknya.
     
    Ada kemungkin juga menemukan kotoran atau karat di motor penggerak wiper mobil. Untuk itu segeralah lakukan pembersihan kemudian tambahkan pelumas agar memudahkan poros penggerak dapat berfungsi kembali.
     
    Lakukan penyetelan ulang wiper mobil
    Selain wiper mobil yang bergerak lambat, sering mendapatkan masalah juga wiper mobil berbunyi atau berdecit. Hal ini disebabkan karena tangkai wiper mengalami cacat produksi atau bengkok. Sehingga karet pada wiper mobil mendapat tekanan yang tidak merata dan akan menimbulkan bunyi yang mengganggu atau berdecit. Cara mengatasinya adalah melakukan penyetelan ulang di bengkel resmi atau bengkel terpercaya.


    (UDA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id