Mengenal Fungsi dan Cara Kerja Gearbox Mobil

    Adri Prima - 28 Juli 2021 22:44 WIB
    Mengenal Fungsi dan Cara Kerja Gearbox Mobil
    Gearbox mobil. (foto: suzuki)



    Jakarta: Dalam satu unit mobil terdiri dari berbagai macam komponen penting yang saling menunjang satu sama lain, salah satunya yaitu komponen gearbox mobil.

    Gearbox salah satu komponen penting di mobil. Secara umum, sebuah mesin kendaraan mobil membutuhkan alat khusus untuk menyalurkan daya atau tenaga ke bagian mesin yang lain. Nah, alat khusus inilah yang dimaksud dengan gearbox. 

     



    Gearbox dapat menghasilkan tenaga besar yang nantinya akan digunakan oleh mesin untuk menggerakkan kendaraan mobil. Dilansir dari laman resmi Suzuki, berikut ini fungsi dan cara kerja gearbox mobil.

    Fungsi gearbox mobil


    Fungsi gearbox mobil yang utama adalah menyalurkan torsi atau tenaga mesin ke komponen mesin lainnya. Oleh sebab itu, komponen ini juga disebut sebagai transmisi mobil karena merupakan sistem mekanis yang berfungsi untuk menyalurkan daya atau tenaga. 

    Komponen gearbox terdapat di kendaraan mobil otomatis maupun manual. Selain beberapa fungsi utama yang sudah disebutkan, komponen ini juga berfungsi untuk mengubah torsi atau daya putar. Kemudian, torsi atau daya putar tersebut akan dilanjutkan ke bagian spindel kendaraan. 

    Fungsi gearbox mobil yang selanjutnya yaitu menyesuaikan rasio gigi dengan beban dari mesin kendaraan mobil. Selain itu, komponen ini juga berfungsi untuk menciptakan putaran pada mesin mobil tanpa terjadinya selip. 

    Fungsi terakhir dari komponen ini adalah untuk mengatur atau menyesuaikan kecepatan torsi dan gerak kendaraan. Hal ini bermanfaat untuk membuat kendaraan bergerak maju dan mundur dengan baik. 

    Halaman Selanjutnya
    Cara kerja gearbox mobil …


    Read All




    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id