Mengenal Fungsi dan Cara Kerja Gearbox Mobil

    Adri Prima - 28 Juli 2021 22:44 WIB
    Mengenal Fungsi dan Cara Kerja Gearbox Mobil
    Gearbox mobil. (foto: suzuki)



    Cara kerja gearbox mobil


    Secara umum, cara kerja komponen ini pada mobil yaitu memindahkan putaran dan gaya yang ada di mesin dan gerakan roda mobil. 

    Pada proses ini, sebagian poros roda menerima daya tertentu dari gearbox. Daya tenaga putar yang besar sangat diperlukan pada proses ini. Terkadang, tenaga gerak yang tinggi dengan kekuatan besar sangat dibutuhkan ketika kendaraan mobil melewati jalanan yang terjal. 

     



    Untuk dapat menjalankan tugas gearbox dengan baik, terdapat komponen lainnya yang harus membantunya untuk menyalurkan tenaga. Komponen pertama yang membantu tugas gearbox mobil yaitu input shaft cover

    Input shaft cover merupakan salah satu komponen yang berguna untuk meneruskan putaran dari kendaraan atau motor yang bergerak. Selanjutnya, oil seal juga membantu tugas komponen ini dengan menahan oli agar mencegah terjadinya kebocoran. 

    Komponen yang selanjutnya yaitu oil hole cover sebagai tempat saluran masuknya oli. Kemudian ada worm shaft yang berguna untuk meneruskan putaran yang berasal dari work wheel menuju ke output shaft. Lalu, ada frame juga merupakan komponen lainnya yang berguna sebagai rumah bagi gearbox. 



    Read All




    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id