Tips Bawa Barang

    4 Tips Aman Membawa Barang di Bagasi Sepeda Motor

    M. Bagus Rachmanto - 05 Agustus 2020 08:46 WIB
    4 Tips Aman Membawa Barang di Bagasi Sepeda Motor
    Gunakan bagasi secara tepat dan bijak biar lebih aman dalam berkendara. Medcom.id/M. Bagus Rachmanto
    Jakarta: Fitur bagasi yang biasa ditemui pada motor bebek dan matik memiliki volume bagasi yang berbeda-beda. Bagasi ini dapat sangat membantu pengendara motor untuk menyimpan beragam barang bawaan seperti, jas hujan, tas punggung hingga helm full face.

    Namun demikian, ada baiknya bagasi tersebut digunakan serta dimanfaatkan secara baik agar berkendara tetap aman dan nyaman. Berikut beberapa hal yang harus diperhatikan saat menyimpan barang di kotak bagasi sepeda motor, seperti ditulis Astra Honda Motor.

    1. Perhatikan Berat Barang dan Batas Berat Maksimal
    Setiap bagasi sepeda motor memiliki ukuran dan batas berat maksimal yang berbeda-beda. Membawa barang melebihi batas berat maksimal berpotensi mengganggu pengendalian dan kenyamanan berkendara.

    Untuk mengetahui batas berat maksimal yang dapat ditampung di bagasi sepeda motor Honda yang dimiliki, bacalah buku panduan pemilik yang didapat ketika membeli sepeda motor.

    2. Pastikan Barang Aman untuk Disimpan di Bagasi
    Demi keamanan dan kenyamanan berkendara sesuai anjuran buku pedoman pemilik, hindari menyimpan barang–barang yang masuk ke dalam kategori mudah terbakar atau rentan terhadap kerusakan akibat panas.

    Perlu diperhatikan juga ketika membawa cairan yang mengandung bahan kimia aktif atau bersifat korosif. Pastikan benda-benda tersebut dalam kondisi tertutup rapat, karena jika terjadi kebocoran dapat merusak komponen di sekitarnya. Jika hal itu terjadi maka bagasi harus segera dibersihkan.

    3. Rutin Membersihkan Bagasi
    Kotoran berupa debu dan partikel tak kasat mata yang menempel di dinding bagasi bisa saja menempel di barang bawaan. Oleh karena itu, bersihkan bagasi di bawah jok serta bagian depan secara berkala agar terhindar dari masalah kesehatan dan kebersihan dari barang bawaan juga tetap terjaga. Hindari penggunaan cairan saat membersihkan bagasi karena berpotensi mengganggu fungsi komponen sepeda motor yang berada di bawahnya.

    4. Tata Barang Bawaan
    Penataan barang bawaan memungkinkan pengendara membawa lebih banyak barang di dalam bagasi. Selain itu, penataan barang bawaan yang tepat akan menghindari terjadinya kerusakan barang bawaan dan mengurangi suara bising dari bagasi yang disebabkan oleh barang yang terguncang.

    Penggunaan bagasi secara tepat dan bijak, dapat meningkatkan keamanan dan kenyamanan dalam berkendara.

    (UDA)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id