Perawata Kendaraan

    Jangan Salah Kaprah, Coating Mobil Pun Bisa Berjamur

    Ahmad Garuda - 09 Januari 2020 15:41 WIB
    Jangan Salah Kaprah, Coating Mobil Pun Bisa Berjamur
    Melakukan perawatan untuk coating mobil wajib terutama di musim hujan untuk menghindari tumbuhnya jamur. medcom.id/Ahmad Garuda
    Jakarta: Asumsi tentang memberikan perlindungan cat kendaraan seperti tambahan coating, bisa membuat cat lebih awet dan permukaan mobil anti-kusam dan anti-jamur. Ini tentu asumsi yang salah. Mengingat mobil yang terkena hujan dan dibiarkan lama tanpa dibersihkan, akan tetap meninggalkan sisa atau jamur pada permukaan cat.

    Kalau sudah begini, tentu coating yang sebelumnya berfungsi untuk membuat warna mobil tetap terpelihara, jadi tak kelihatan. Lalu apakah coating-nya rusak karena dihinggapi jamur? Tentu tidak, hanya fungsinya saja yang tidak lagi optimal.

    Menurut Brand Manager System X Indonesia, Arta Alfatha, bahwa mobil yang setelah di-coating pun tetap wajib dilakukan perawatan. Caranya ya dengan membilas sisa air hujan yang menempel dan segera mengeringkannya kembali.

    "Harus selalu dibilas kalau sudah kena air hujan. Karena air hujan itu kan mengandung asam. Paling tidak harus dibilas sebelum lima jam air hujan itu hinggap atau mengering di permukaan cat mobil. Kalau sampai jamur tumbuh di atas permukaan coating, maka perlindungan terhadap bodi kendaraan takkan optimal," ujar Arta.

    Ia melanjutkan bahwa sebelum tumbuh bercak-bercak putih di atas permukaan bodi kendaraan, mobil wajib dibilas. Ini adalah aturan yang jelas menurutnya. Lantaran banyak juga yang beranggapan mengapa harus dibersihkan jika nantinya keluar akan kena hujan lagi.

    "Mengeringkan air yang terdapat di permukaan mobil sebaiknya menggunakan lap microfiber untuk meminimalkan goresan di permukaan coating. Ini penting agar permukaan dan fungsi coating tak terganggu. Penting juga untuk melakukan perawatan rutin agar coating tetap maksimal dengan cara yang sudah disarankan pihak penyedia produk coating ini."

    Beberapa salon mobil juga menyarankan bahwa meski bodi mobil sudah di-coating, namun wajib untuk dilakukan perawatan berkala. Fungsinya tentu untuk membuat lapisan warna di mobil Anda lebih terawat.

    Memberikan lapisan coating juga bukan berarti akan bebas perawatan. Justru saat mobil sudah diberikan lapisan pelindung ini, justru jadi penanda bahwa Anda harus rajin melakukan perawatan kendaraan.

    (UDA)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id