Tips Knowledge

    Cara Mudah Kenali Shockbreaker Lemah dan Harus Diganti

    Ekawan Raharja - 16 Maret 2020 10:11 WIB
    Cara Mudah Kenali Shockbreaker Lemah dan Harus Diganti
    Ada sejumlah cara mudah mengenali shockbreaker yang sudah lemah. Hyundai
    Jakarta: Shockbreaker merupakan salah satu komponen mobil yang fungsinya cukup penting, terlebih yang berhubungan dengan kenyamanan saat perjalanan. Komponen ini memiliki tugas untuk meredam getaran saat melewati jalan yang rusak, bebatuan, atau tanjakan sehingga perjalanan terasa nyaman dan aman.
     
    Dengan begitu pentingnya fungsi shockbreaker bagi pengemudi dan penumpang, wajib hukumnya komponen ini mendapatkan perawatan. Hyundai melalui laman resminya membeberkan cara mengenali tanda-tanda shockbreaker yang sudah rusak secara mudah.
     
    Pemilik mobil bisa dimulai dengan mendengar suara berdecit yang muncul. Ketika melewati jalanan menanjak atau polisi tidur, dan muncul suara berdecit itu bisa menjadi salah satu tanda shockbreaker sudah tidak dalam kondisi baik. Terlebih, suara tersebut dibarengi dengan guncangan atau ayunan mobil yang lebih keras dibanding sebelumnya. Jika dua tanda tersebut sudah muncul di mobil, berarti shockbreaker sudah tidak mampu menahan guncangan dengan baik, dan sudah saatnya diganti.
     
    Cara lainnya bisa dilihat secara kasat mata melalui rembesan oli di shockbreaker. Biasanya hal tersebut muncul karena karet seal shockbreaker yang sudah robek ataupun as shock yang baret.
     
    Cara terakhir yang bisa dilakukan ada merasakan Body mobil tidak stabil. Bisa dilihat rata atau tidak, saat mobil melewati tanjakan, dan jika terasa miring atau tidak stabil, bisa jadi itu menandakan kondisi shockbreaker yang sudah rusak.
     
    Selain itu, bisa juga dengan cara menekan kap bagasi dan bila mobil terasa mengayun, bisa jadi shockbreaker sudah mengalami kerusakan.
     
    Jika tanda-tanda tersebut sudah ditemui, ada baiknya segera berkunjung ke dealer resmi resmi atau bengkel kepercayaan untuk segera diganti. Hal ini untuk memastikan shockbreaker memiliki kinerja yang optimal dan memastikan mobil selalu nyaman digunakan.



    (UDA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id