Tips Otomotif

    Cairan Penambah Oktan Bensin Banyak Dijajakan, Memang Berpengaruh?

    Ekawan Raharja - 17 September 2020 16:00 WIB
    Cairan Penambah Oktan Bensin Banyak Dijajakan, Memang Berpengaruh?
    Octane booster banyak dijajakan dipasaran secara bebas. Medcom.id/Ekawan Raharja
    Jakarta: Sekarang ini dipasaran banyak dijajakan cairan penambah oktan bensin yang dijual secara bebas. Namun apakah cairan adiktif ini berpengaruh kepada oktan bensin di dalam kendaraan?

    Pertamina Sales Area Manager Retail Banten, Probo Prasiddhahayu, menjelaskan masih meragukan khasiat dari zat adiktif tersebut. Menurutnya cairan ini lebih kepada sugesti kepada pemilik kendaraan dengan menambahkan cairan ini maka bensin jadi lebih baik.

    "Seperti kita minum vitamin. Ketika kita menambahkan oktan itu kita merasa bahwa akan sama dengan apa yang kita harapkan," ujar Probo melalui webinar.

    Probo sendiri tidak ingin mengklaim octane booster ini memang berefek atau tidak terhadap oktan di bensin. Mengingat dia sendiri masih tidak yakin dengan riset yang dilakukan menganai cairan penambah oktan.

    "Kalau bahan bakar Pertamina jelas berdasarkan uji mutu dari Kementerian ESDM (Energi dan Sumber Daya Mineral) dan lainnya."

    Dia menyarankan sebaiknya konsumen memang membeli bensin yang berkualitas dan pasti sudah oktannya. Menurutnya kualitasnya sudah terjamin dan RON yang ditawarkan memang sesuai.

    "Alangkah baiknya ketika berharap mendapatkan oktan tinggi maka belilah bensin dengan oktan yang diharapkan. Tidak perlu beli pil oktan itu tadi."

    (ERA)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id