Safety Riding

    3 Cara Aman saat Berboncengan Sepeda Motor

    M. Bagus Rachmanto - 16 Juli 2020 15:36 WIB
    3 Cara Aman saat Berboncengan Sepeda Motor
    Ilustrasi. Dok.MI
    Jakarta: Sepeda motor salah satu alat transportasi yang banyak digunakan masyarakat di Indonesia. Bahkan tak jarang, kita menemukan para pengendara motor yang unik, contohnya saja boncengan sampai 4 penumpang, membawa barang diluar kapasitas motor dan lainnya. Hal ini semakin sering terlihat terutama saat pulang kampung.

    Namun perlu diketahui, hal tersebut tidaklah baik dan membahayakan diri sendiri maupun pengguna jalan lain. Oleh karena itu Wahan Honda berbagi tips safety riding untuk pengendara motor yang berboncengan.

    Dengan begitu diharap dapat mencegah Anda dari kemungkinan kecelakaan yang disebabkan oleh kelebihan muatan atau beban ketika berkendara. Berikut beberapa tips yang juga perlu diperhatikan saat berkendara.

    1. Cek Kelengkapan Motor
    T
    ips safety riding saat boncengan yang pertama adalah memeriksa kondisi motor Anda. Karena ketika boncengan maka beban yang dibawa oleh motor lebih berat dari biasanya. Oleh karena itu, kondisi ban, rem, persneling, oli dan lainnya harus diperhatikan dengan seksama. Karena jika terjadi kecelakaan maka yang cedera tidak hanya Anda tapi juga orang yang dibonceng. Tentunya Anda tidak mau ada orang lain yang celaka ketika berkendara bersama diri Anda.

    2. Gunakan Perlengkapan Berkendara dengan Baik
    Tips safety riding saat boncengan yang kedua adalah memakai perlengkapan berkendara yang baik. Contoh perlengkapan tersebut adalah helm berstandar nasional, mengenakan sepatu, memakai jaket dan masker. Perlengkapan ini harus selalu dikenakan karena dapat melindungi diri dari angin, debu dan panas matahari.

    3. Sesuaikan Kapasitas Motor Anda
    Tips safety riding yang terakhir adalah menyesuaikan tumpangan dengan kapasitas motor yang ada. Anda perlu tahu jenis motor yang digunakan apakah matic, bebek atau sport. Selain itu perhatikan juga luas jok motor tersebut. Setelah mengetahui hal ini Anda dapat memperkirakan berapa banyak orang yang dapat dibonceng.

    Umumnya setiap motor dapat menampung penumpang dengan catatan salah satunya adalah anak kecil. Namun, pastikan juga kapasitas motor dengan postur dan bobot badan. Jangan sampai motor atau ban kendaraan Anda rusak karena kelebihan beban penumpang. Boncengan tidak boleh lebih dari 3 orang, dengan catatan 1 di antaranya adalah anak kecil karena tidak menghalangi gerak dan kenyamanan si pengemudi.



    (UDA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id