comscore

Cara Mengecek Kondisi Ban Truk & Bus Sebelum Perjalanan

Ekawan Raharja - 16 Juni 2022 14:00 WIB
Cara Mengecek Kondisi Ban Truk & Bus Sebelum Perjalanan
Ilustrasi pengecekan muatan truk. Jasa Marga

Jakarta: Bagi kendaraan komersial, truk dan bus, melakukan perjalanan jarak jauh merupakan menu sehari-harinya demi menunjang usaha. Oleh sebab itu, kondisi ban harus diperhatikan dengan baik dan kondisinya diperhatikan dengan seksama agar tidak mengalami permasalahan di tengah jalan.
 
National Sales Manager TBR (Truck & Bus Radial) PT Hankook Tire Sales Indonesia, Ahmad Juweni, menyatakan kesehatan kendaraan perlu diperhatikan sebelum melakukan perjalanan jarak jauh. “Beberapa komponen kendaraan harus di cek kembali seperti kondisi rem, kemudi, visibilitas (termasuk lampu, kaca, wiper), dan ban,” ujar Ahmad melalui keterangan resminya.
 
Secara teori, kendaraan memang harus dicek secara berkala, namun khusus sebelum perjalanan jarak jauh, pemilik dan pengemudi kendaraan niaga harus melakukan pengecekan kembali untuk memastikan tidak ada kendala saat diperjalanan. Berdasarkan Surat Edaran yang dikeluarkan oleh Kementerian Perhubungan (Kemenhub), perjalanan jarak jauh merupakan perjalanan dengan minimal jarak 250 kilometer atau minimal 4 jam perjalanan.
 
Pengecekan sebelum perjalanan panjang diperlukan terlepas dari usia kendaraan. Kendaraan baru pun tidak luput dari pengecekan untuk memprediksi dan mengantisipasi kendala yang mungkin akan muncul selama perjalanan. Juweni kemudian memberikan langkah-langkah untuk mengecek kondisi ban;
 
Pertama, selain melakukan perawatan rutin sebagaimana disarankan oleh pabrikan mobil, pastikan untuk melakukan pengecekan kendaraan dan komponennya sebelum melakukan perjalanan panjang. Hal tersebut diperlukan untuk memberikan waktu yang cukup untuk memperbaiki kerusakan pada kendaraan.









Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id