Mobil Bekas

    Pentingnya Cek Keaslian Kilometer Sebelum Beli Mobil Seken

    M. Bagus Rachmanto - 10 Juni 2020 14:25 WIB
    Pentingnya Cek Keaslian Kilometer Sebelum Beli Mobil Seken
    Ilustrasi. Mobil88
    Jakarta: Tipu-tipu dalam urusan jual-beli mobil seken sudah bukan menjadi berita baru. Salah satu triknya adalah ganti-ganti angka kilometer yang sudah ditempuh menjadi lebih rendah.

    Trik ini terbilang lawas sebenarnya, supaya mobil seken cepat laku karena pasti bikin pembeli tergiur dengan usia mobil yang masih muda.

    Seperti ditulis Mobil88, mungkin ada yang penasaran, memangnya aksi semacam itu bisa dilakukan di mobil zaman sekarang yang serba digital?

    Iya, zaman sudah berubah, termasuk untuk sistem odometer alias alat pengitung jarak tempuh dalam jumlah “kilometer” di mobil. Dulu, odometer mobil masih serba mekanik dan bisa dibongkar lalu angkanya diputar,sedangkan kini semuanya serba terkomputerisasi.

    Namun, jangan salah, kini aksinya juga ikut-ikutan canggih. Jasa ubah kilometer di odometer semacam ini bahkan ditawarkan secara blakblakan, termasuk di dunia maya.

    Jasa versi canggih itu dimulai dari Rp500 ribu, bahkan ada yang menjual peralatannya dengan harga Rp 6 jutaan.

    Kenapa kilometer harus dicek saat beli mobil seken?
    Kilometer yang palsu sama saja mengacaukan jadwal servisnya. Untuk urusan perawatan rutin saja, pasti sudah salah, seperti penggantian oli mesin, filter-filter, dan transmisi.

    Nah, apalagi jika kilometernya jauh lebih kecil lagi sampai-sampai kita tidak tahu bahwa komponen-komponen berusia panjang yang terpasang sudah tidak layak pakai, seperti kaki-kaki, bahkan kelistrikan dan sensor-sensor.

    Fatalnya, mobil bisa rusak di tengah jalan, atau bahkan menimbulkan kecelakaan jika ada komponen penting yang tidak diganti.

     

    (UDA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id