Perawatan Kendaraan

    Cara Mendeteksi Paking Knalpot Motor Rusak

    M. Bagus Rachmanto - 09 Juli 2020 11:54 WIB
    Cara Mendeteksi Paking Knalpot Motor Rusak
    Paking knalpot motor bocor bikin tenaga mesin loyo. Tlzone
    Jakarta: Knalpot sepeda motor yang bocor tidak hanya bikin bising, melainkan berpengaruh terhadap menurunnya peforma mesin dan jadi tidak bertenaga alias loyo.
     
    Didit mekanik yang praktek di bengkel motor MSD di bilangan Bekasi Timur menjelaskan, knalpot yang bocor bisa disebabkan dari pipa yang mengalami korosi atau karat, karena usia pakai atau jarang mencuci motor. Kotoran yang menempel di knalpot lama kelamaan bisa bikin karat.
     
    Jika bagian pipa pembuangan masih dalam kondisi baik, maka penyebab kebocoran dipastikan berasal dari paking knalpot yang sudah rusak. Selain usia pakai, sering bongkar pasang knalpot dan baut yang kendor, menjadi faktor lain penyebab paking knalpot jadi cepat rusak atau tidak awet.

    Cara mendeteksi kebocoran akibat paking rusak sangat mudah, terutama di pagi hari saat pertama kali mesin akan dihidupkan. Engkol untuk menghidupkan mesin di pagi hari, bila terasa ringan dari biasanya itu akibat kompresi mesin menurun. Kemungkinan disebabkan oleh paking yang rusak.
     
    "Saat mesin dihidupkan, knalpot yang bocor akan mengeluarkan suara yang berbeda. Kalau bocor di bagian pipa maka harus di las. Kalau bocor di bagian paking, maka harus diganti dengan yang baru, dan harus yang orisinil biar lebih awet," jelas Didit.

    Jadi, agar kompresi terjaga dan kualitas pembakaran terjaga, tentu perlu dilakukan penggantian komponen ini. Jika dibiarkan berlangsung dalam waktu yang cukup lama, tentu ini bisa membuat kualitas pembakaran dalan mesin cepat menurun.

    (UDA)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id