Tips Knowledge

    Mengenal Aneka Filter Udara Motor & Cara Membersihkannya

    Ekawan Raharja - 26 Juni 2020 18:49 WIB
    Mengenal Aneka Filter Udara Motor & Cara Membersihkannya
    Filter udara yang kotor bisa menyebabkan masalah di pembakaran mesin. Astra motor
    Jakarta: Filter udara di sepeda motor kerap diabaikan oleh para pemilik kendaraan karena posisinya yang berada di dalam body dan jarang diperhatikan. Meski komponen ini tampaknya sepele namun komponen di sepeda motor saling terkait dan akan berefek apabila ada satu bagian yang bermasalah.

    Filter udara atau saringan udara meski tak banyak yang memperhatikannya, komponen ini memiliki fungsi yang cukup berguna bagi sebuah sepeda motor. Tugas utamanya adalah menyaring udara yang masuk ke dalam dapur pacu untuk membantu proses pembakaran. 

    Tak heran jika tidak pernah dibersihkan, filter udara akan terlihat kotoran dan debu yang berkerak di sana. Kotoran yang menempel di bagian tersebut akan membuat proses pembakaran terhambat.

    Nah di zaman sekarang ini, ada berbagai macam aneka model filter udara. Astra Motor membeberkan beberapa jenis model filter udara, dan bisa jadi digunakan di sepeda motor kesayangan;

    1. Jenis busa
    Filter jenis busa ini umumnya ditemukan di sepeda motor lama yang memiliki kapasitas besar di atas 150 cc. Karena menggunakan busa yang memiliki pori-pori kecil dan rapat, proses penyaringan pun terjadi dengan cukup maksimal.

    2. Jenis kering
    Filter kering sering digunakan pada motor-motor berkarburator. Ia terbuat dari kertas yang cukup awet untuk dijadikan penyaring udara kotor. Hanya saja, jenis filter ini dikenal kurang menghasilkan penyaringan yang maksimal sehingga kurang baik untuk dapur pacu kendaraan.

    3. Jenis basah
    Selain kering, ada juga filter dengan tipikal yang basah. Terbuat dari kertas juga, hanya saja ia dilapisi oleh oli dan biasa ditemukan di motor-motor injeksi atau matic. Jika dibandingkan dengan filter kering, tentu yang satu ini jauh lebih baik karena dapat memaksimalkan kinerja mesin motor.

    Cara Membersihkan Bagian Filter Motor

    Pertama-tama, pastikan sudah menyiapkan seluruh peralatan yang diperlukan. Mulai dari obeng dan peralatan bengkel lain yang biasa digunakan untuk mencopot komponen kuda besi. 

    Jika sepeda motor ada model skuter matik, maka filter ini bisa dengan mudah dibuka karena terletak di bagian samping. Sedangkan untuk motor bebek atau motor sport memerlukan usaha ekstra membukanya karena letaknya yang terselip.

    Setelah seluruh peralatan yang dibutuhkan sudah siap. Mulailah untuk membuka tutup filter dengan melepas baut yang ada di sekitarnya menggunakan obeng yang sesuai dengan ukurannya.

    Jika sudah terbuka, keluarkan filter tersebut dari dalam. Kemudian Anda bisa membersihkannya sesuai dengan tipe filter yang digunakan di sepeda motor.

    Untuk yang memiliki filter jenis kertas kering, bisa menggunakan alat pembersih debu.  Sedangkan untuk yang menggunakan filter jenis basah, Anda tidak boleh membersihkannya dengan pembersih debu tersebut karena dapat membuatnya kering. 

    Sebagai gantinya, Anda bisa membersihkan filter basah yang kotor dengan menggosoknya menggunakan sikat gigi. Pastikan Anda tidak menggosoknya terlalu kasar ya karena dapat merusak kondisi filter tersebut.

    Nah, bagi yang sepeda motornya menggunakan filter spons atau busa, bisa membersihkannya dengan merendam spons tersebut dengan bensin lalu dikeringkan.

    Setelah berhasil dibersihkan, tinggal memasangnya kembali ke tempat semula. Pastikan sekrup yang terpasang sudah kencang dan semuanya terpsang dengan baik/



    (UDA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id