Tips Knowledge

    Cara Mudah Memilih Kaca Helm yang Nyaman Dipakai

    M. Bagus Rachmanto - 24 Juni 2020 18:30 WIB
    Cara Mudah Memilih Kaca Helm yang Nyaman Dipakai
    Visor punya peran vital melindungi mata. Medcom.id/M. Bagus Rachmanto
    Jakarta: Helm merupakan sebuah perlengkapan berkendara yang berfungsi melindungi kepala, khususnya bagi pengendara sepeda motor. Ketika mengenakan helm, jangan lupa untuk memastikan bahwa helm tersebut juga dilengkapi dengan visor.
     
    Eksekutif Director RSV Helmet, Richard Ryan, bercerita bahwa visor atau kaca di helm memiliki fungsi lebih dari sekadar melindungi wajah dari debu atau benda-benda yang berada di jalanan. Namun visor juga memiliki fungsi melindungi mata dari sinar ultraviolet yang berbahaya.
     
    "Selain melindungi wajah, visor juga berfungsi melindungi mata dari debu, pasir, hingga binatang kecil. Selain itu Visor juga menjaga mata kita dari sinar ultraviolet (UV). Kalau tak ada komponen ini, pandangan pengendara bisa terganggu," ujar Richard Ryan beberapa waktu lalu.

    Menurut laman resmi Optik Melawai, Sinar UV dibagi menjadi tiga tingkatan yaitu sinar UV-C, UV-B, dan UV-A. Sinar UV-A dan UV-B harus dihindari karena mampu merusak jaringan mata. UV-A dapat merusak saraf pusat penglihatan dan makula, yaitu bagian dari retina yang terletak di bagian belakang mata. Sedangkan UV-B dapat merusak bagian kornea dan lensa.
     
    Walau tingkat radiasinya paling rendah, paparan UV-A dalam jangka panjang dapat mengakibatkan katarak. Penyakit lain yang ditimbulkan akibat sinar UV antara lain degenerasi makular, pterygium atau pertumbuhan pada lapisan luar (bagian putih mata) yang pada akhirnya menutupi bagian tengah kornea, dan corneal sunburn (photokeratitis) yang terjadi akibat paparan sinar UV-B berlebih.
     
    Dikatakan ada banyak macam-macam kaca helm berdasarkan fungsinya, diantaranya adalah Kaca Helm Bening/clear. Visor helm tersebut berfungsi untuk melindungi pengedara motor dari debu, angin, air hujan, dan benda lainnya yang berpotensi terkenan mata pada saat berkendara. Selain itu juga, kaca clear sangat cocok dipakai di malam hari atau berkendara di tempat yang gelap. Kelemahan bagi pemilik helm dengan visor helm jenis ini adalah silau jika terkena sinar matahari atau cahaya lampu dari depan.
     
    Kaca helm hitam/pelangi. Kaca helm jenis ini memang nyaman dipakai di siang hari atau di tempat yang cahayanya sangat terang sehingga mata pengendara motor terlindungi. Kelemahannya adalah sangat sulit dipakai pada saat malam hari karena akan bertambah gelap.
     
    Richard juga berbagi tips untuk memilih kaca helm yang aman dan nyaman dipakai. Hal yang perlu diperhatikan sebelum membeli helm adalah jika harga helm mahal pastikan bahwa visor helm tersebut sudah anti gores. Karena biasanya helm yang murah, kacanya belum anti gores. Helm jenis ini dilapisi dengan polycarbonate antigores.
     
    Kemudian pilihlah kaca helm yang terbuat dari material yang tidak pecah jika terkena benturan. Kaca untuk helm SNI dirancang agar tidak mudah pecah sehingga membahayakan mata dan wajah pengendara motor. Biasanya bahan plastik kaca helm terbuat dari bahan yang apabila dibengkokan 180 derajat tidak akan patah.
     
    Bagi biker menggunakan helm retro yang biasa tidak dilengkapi dengan visor, sebisa mungkin pemiliknya memberikan perlindungan selain visor. Penggunanya bisa menambahkan aksesoris berupa goggle untuk melindungi mata.
     
    "Jika lebih suka pakai helm retro, usahakan untuk pakai kacamata berkendara (goggle). Tapi bukan sekadar kacamata (berlensa) hitam ya. Pakai yang sudah dilengkapi anti-UV," pungkasnya.



    (UDA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id