Tips Otomotif

    Mau Pakai Bus Keluar Kota? Pilih yang Punya Safety Kit

    Ekawan Raharja - 23 Oktober 2020 14:00 WIB
    Mau Pakai Bus Keluar Kota? Pilih yang Punya Safety Kit
    Ilustrasi. PO Putera Mulya
    Jakarta: Memulihkan kondisi perekonomian dari sisi angkutan umum seperti bus transportasi antar kota atau antar propinsi, wajib mengadaptasi cara baru. Tentu sebagai calon penumpang pun kita dituntut untuk lebih cerdas dalam memilih bus transportasi yang akan kita gunakan keluar kota. Lalu apa syarat utama yang wajib kita perhatikan?

    Jawabannya adalah bus yang dipilih seharusnya punya alat pelindung kesehatan diri dan konfigurasi tempat duduk yang sesuai dengan regulasi protokol kesehatan di momen pandemi. 

    Memang sejumlah bus transportasi umum yaitu Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) mulai kembali beroperasi mengangkut penumpang. Tidak seperti biasanya, sejumlah PO Bus harus melakukan penyesuaian, karena adanya peraturan pemerintah serta  protokol kesehatan yang wajib dilakukan guna mencegah penyebaran virus corona.

    Kondisi ini pun membuat PT ExxonMobil Lubricants Indonesia (PT EMLI) produsen Mobil Lubricants, tergerak memberikan edukasi dengan memberikan safety kit kepada seluruh pengelola angkutan umum bus. Uniknya, bantuan ini mereka berikan kepada PO yang tergabung dalam Ikatan Pengusaha Otobus Muda Indonesia (IPOMI). Sehingga komunikasi tentang kebiasaan baru ini bisa meluas lebih cepat.

    Safety kit yang diberikan meliputi mesin desinfektan, cover seat bertuliskan 'physical distancing', hand sanitizer, serta masker yang dapat digunakan oleh pengemudi maupun kondektur angkutan umum bus. Sehingga target menjaga protokol kesehatan dapat diterapkan selama perjalanan.

    “Pemberian safety kit ini merupakan salah satu upaya kami mendukung program pemerintah. Tujuannya menerapkan protokol kesehatan selama pandemi. Selain keselamatan dan kenyamanan juga tetap menjalin hubungan baik dengan para stakeholder kami dan berjuang bersama menghadapi pandemi dengan penyesuaian adaptasi kebiasaan baru,” ujar Mobil™? Brand General Manager, Eben Tambunan, melalui keterangan resminya.

    Inisiasi ini pun langsung disambut oleh Ketua Ikatan Pengusaha Otobus Muda Indonesia (IPOMI), Kurnia Lesani Adnan. Ia mengatakan, bahwa aksi nyata PT EMLI ini bisa jadi inspirasi bagi banyak pengusaha atau brand yang memiliki produk di bidang perlengkapan kesehatan saat bepergian. Tentunya agar pengemudi dan penumpang bisa sama-sama menjaga kesehatan.

    “Ini sangat membantu dalam membangun kesadaran operator terhadap pentingnya protokol kesehatan selama masa pandemi. Ini merupakan satu bentuk nyata kepedulian terhadap standar kesehatan dalam moda transportasi darat, khususnya angkutan umum sebagai pelayan masyarakat,” pungkas Kurnia Lesani Adnan.

    Jadi, jika Anda ingin melakukan perjalanan menggunakan transportasi umum seperti bus antar kota antar provinsi (AKAP), wajib memperhatikan perlengkapan untuk menjaga protokol kesehatan. Lantaran ini sangat penting selama momen pandemi berlangsung.

    (ERA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id