Kualitas bahan bakar Juga Pengaruhi Umur Oli Mesin

    Ekawan Raharja - 25 November 2019 15:03 WIB
    Kualitas bahan bakar Juga Pengaruhi Umur Oli Mesin
    Ternyata umur oli mesin bisa dipengaruhi juga oleh kualitas bahan bakar.
    Bogor: Kualitas bahan bakar emang berpengaruh terhadap kinerja mesin, mulai dari performa hingga umur mesin. Selain itu, bahan bakar ternyata juga berpengaruh terhadap oli (pelumas) mesin.

    Technical Specialist PT Pertamina Lubricant, Agung Prabowo, menerangkan siklus umur pelumas sangat berkorelasi dengan kualitas bahan bakar yang digunakan. Selama kualitas bahan bakar terjamin baik, maka akan berpengaruh kepada mesin yang terawat dan oli lebih awet.

    "Yang menggunakan BBM pertamax (RON 92) ke atas umurnya (oli) akan lebih panjang daripada yang menggunakan premium (RON 88). Dengan oktan yang tinggi maka pembakaran menjadi lebih sempurna, sehingga mesin tidak bekerja keras yang berpengaruh pada sistem oksidasi pelumas," ujarnya dalam di Touring Forwot XVII Bro Ringo 2019 di Gadog Bogor.

    Agung juga menjelaskan bahwa oli memiliki tugas penting untuk menjaga kinerja mesin mesin. Secara keseluruh, oli memiliki tiga fungsi yaitu lubricate (pelumas), cool (pendingin), dan clean (pembersih). Jika salah satu bergeser akan berpengaruh kerja mesin dan berefek kepada umur pelumas juga.

    "Untuk penggantian oli tergantung kilometer atau jam pemakaian. Untuk motor umurnya sekitar 2.000 km atau tiga bulan. Sementara untuk mobil 5.000 sampai 10.000 km, atau enam bulan, tergantung mana yang lebih dulu," kata Agung.

    Menurut situs resmi Hyundai, tentu ada resiko yang harus dihadapi jika pemilik mobil tidak mengindahkan pergantian oli mesin saat yang tepat. Bila dibiarkan maka akan berpengaruh terhadap boros bahan bakar, kualitas mesin menurun, overheating, hingga rusaknya komponen.

    Kalau sudah parah dan mesin sampai rusak, tentu tak sedikit biaya yang harus dikeluarkan. Padahal mengganti oli dengan rutin dan sesuai anjuran, tak membutuhkan biaya dan waktu yang banyak. 



    (UDA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id