Tips Knowledge

    Pahami Peringatan yang Muncul di Layar Mobil

    M. Bagus Rachmanto - 23 Maret 2020 10:11 WIB
    Pahami Peringatan yang Muncul di Layar Mobil
    Lampu indikator oli nyala tanda sistem pelumasan bermasalah. Yourmechanic
    Jakarta: Fitur peringatan mobil di dalam kabin atau lampu indikator memiliki beragam fungsi. Indikator yang menyala menandakan ada sistem yang bermasalah dan memberitahu kita untuk segera memperbaiki. 


    Kegagalan Baterai

    Peringatan kegagalan listrik biasanya ditandai dengan indikator gambar baterai di layar. Jika indikator ini terus menyala berarti terjadi kegagalan listrik pada mobil Anda. 

    Lampu battery/aki di panel speedometer berfungsi sebagai indikator sistem pengecasan/pengisian kelistrikan di mobil. Apabila indikator tersebut menyala, maka anda harus waspada, lantaran ada yang salah dengan sistem pengisian.
     
    "Normalnya lampu indikator aki akan mati saat mesin mulai berputar, yang menandakan sistem pengisian atau dinamo alternator sudah menghasilkan listrik untuk mengecas aki mobil," beber Fahmi pemilik bengkel Fahmi Jaya Motor, saat berbincang dengan Medcom.id di Bekasi. 
     
    Menurut Fahmi ada beberapa penyebab yang membuat indikator aki menyala, diantaranya soket alternator kendur atau karbon brush sudah habis atau aus, yang mengakibatkan dinamo alternator tidak bisa bekerja untuk menghasilkan listrik.

    Solusinya adalah dengan melakukan pengecekan kondisi karbon brush atau slip ring yang terdapat di dinamo alternator. Jika kedua komponen tersebut sudah habis maka perlu diganti.
     
    Fahmi menyarankan, apabila mengalami kondisinya sudah rusak untuk segera melakukan perbaikan, agar tidak merembet ikut merusak aki dan berimbas mesin tiba-tiba mati saat dalam perjalanan.
     
    Selain itu jangan lupa untuk melakukan pengecekan secara berkala aki mobil Anda, karena aki juga termasuk komponen fast moving, dalam artian komponen yang habis masa pakainya, dan apabila sudah tidak bekerja secara maksimal harus segera mendapatkan perawatan atau lekas diganti.

    Sistem Pendingin Mobil

    Menurut bengkel Nissan, peringatan di layar yang jugan sering ditemui yaitu peringatan sistem pendingin mobil. Bila indikator ini menyala berarti mesin sedang mengalami panas yang tinggi (overheat). Anda harus memeriksa volume air radiator pada mesin. 

    Bila telah habis, segera isi dengan air radiator yang berkualitas. Ada satu hal yang harus anda hindari, jangan membuka radiator saat kondisi mesin masih panas karena Anda bisa tersembur air panas dari dalam radiator tersebut.

    Oli

    Selain itu peringatan ganti oli yang digambarkan dengan gambar cawan yang menyala. Hal ini berarti Anda harus segera mengisi atau mengganti oli lama dengan oli baru. Jangan melakukan perjalanan ketika indikator ini sudah menyala karena akan menimbulkan kerusakan pada mesin. Anda bisa melakukan cek level oli mesin dengan batang pengukur oli agar bisa melihat kondisi oli mobil secara langsung.

    Ada beberapa sebab indikator oli menyala. Masalah yang paling ringan adalah switch oli yang rusak, solusinya cukup diganti dengan yang baru. Penyebab lainnya adalah filter oli yang sudah habis masa pakainya alias rusak, sehingga tidak berfungsi dengan baik, karena sudah kotor dan bisa tersumbat.
     
    Pengecekan selanjutnya adalah pada bagian pompa oli yang bertugas untuk memberikan sirkulasi pelumasan pada mesin. Kerusakan yang terjadi pada komponen ini biasanya akibat usia pakai. Jika pemakaian mobil dalam kondisi normal, komponen yang satu bisa dibilang punya usia pakai yang relatif panjang.
     



    (UDA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id