Tips Mobil

    Cara Sederhana Mencegah Penularan Airborne di Kabin Mobil

    Ekawan Raharja - 15 Juli 2020 15:52 WIB
    Cara Sederhana Mencegah Penularan Airborne di Kabin Mobil
    Gunakan selalu masker di dalam mobil selama perjalanan. Auto2000
    Jakarta: Penyebaran virus bisa saja melalui partikel-partikel kecil di udara, seperti virus flu dan lainnya. Risiko penularan pun terbilang cukup tinggi apabila berada di ruangan tertutup, seperti di kabin mobil, sehingga perlu penanganan yang tepat untuk pencegahan penularan melalui udara (airborne).
     
    Auto2000 membagikan tips bagaimana cara sederhana mencegah penularan virus melalui udara di kabin mobil. Tentu tidak ada salahnya tips ini dilakukan demi menjaga kesehatan semua orang, begini caranya;
     
    1. Pakai Masker di Dalam Mobil
    Sebaiknya penumpang tetap memakai masker di dalam mobil, terutama jika ada penumpang lain yang tidak tinggal di rumah yang sama. Hal ini tentu untuk menjaga virus tidak langsung masuk ke dalam hidung, dan tersaring di masker.
     
    2. Bersihkan Kokpit Mobil
    Setiap pagi, selalu bersihkan area kokpit mobil seperti dasbor, konsol tengah, dan panel pintu menggunakan pembersih interior yang ramah lingkungan. Bersihkan pula lantai dan karpet di bagian penumpang depan karena udara dari wilayah tersebut yang dimanfaatkan oleh sistem AC mobil.
     
    3. Buka Jendela Secara Berkala
    Penumpang bisa sedikit membuka jendela selama 2-3 menit setiap 1 jam sekali untuk membuat udara di dalam kabin bersirkulasi dengan udara luar. Atau bisa pula memanfaatkan tombol sirkulasi di panel AC untuk mengalirkan udara luar ke dalam kabin mobil.
     
    4. Jaga Kebersihan Filter Kabin AC
    Banyak pemilik mobil yang tidak tahu keberadaan filter kabin AC. Padahal, filter ini mempunyai tugas penting untuk membersihkan udara dari kabin yang akan didinginkan kembali. Jika filter ini tidak bekerja optimal, maka kotoran yang terbawa ke dalam sistem AC akan ikut diembuskan kembali ke dalam kabin.
     
    5. Pastikan Evaporator Bersih

    Evaporator bertugas mendinginkan udara yang diambil dari dalam kabin untuk dihembuskan lagi lewat kisi AC. Pipa evaporator rawan bakteri, jamur dan virus karena lembab dan kotor, terutama bila pemilik mobil lupa mengganti filter kabin AC.
     
    6. Manfaatkan Program Purna Jual Bengkel Resmi
    Sekarang ini, hampir seluruh merek otomotif menawarkan paket perawatan mobil yang dikemas juga dengan kebutuhan kenormalan baru sekarang ini. Sebagai contoh Auto2000 memiliki program 'Sehat Toyotaku, Ready For New Normal' berisi paket servis berkala yang dibuat secara parsial sesuai kebutuhan di masa New Normal. Program ini memiliki 5 paket, dimana 2 paket di antaranya bisa dimanfaatkan untuk membersihkan kabin dan menjaga kinerja AC mobil.
     
    “Menjaga kesehatan dan kebersihan kabin dan AC mobil penting untuk kita lakukan, supaya mudah dan nyaman. Program Sehat Toyotaku dibuat untuk membantu konsumen menjaga kebersihan kabin dan sistem AC dengan harga terjangkau,” jelas Aftersales Division Head Auto2000, Ricky Martawijaya, pada Selasa (14/7/2020).

    (UDA)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id