Mobil Bekas

    Begini Cara Mengurus Balik Nama Mobil

    M. Bagus Rachmanto - 06 Juni 2020 08:00 WIB
    Begini Cara Mengurus Balik Nama Mobil
    lustrasi Samsat. ANTARA/Prasetyo Utomo
    Jakarta: Mobil bekas bisa menjadi alternatif pilihan bagi masyarakat yang ingin memiliki mobil dengan harga murah. Selain kondisi yang prima, hal yang tak kalah penting diperhatikan ketika membeli mobil bekas adalah kelengkapan dokumen, termasuk mengurus balik nama mobil. 

    Meskipun terkesan gampang-gampang susah, proses mengurus balik nama mobil sebenarnya tidak ribet. Tapi, jika tidak diurus segera, bisa jadi di kemudian hari kita akan kesulitan mengurus pajak mobil yang jatuh tempo.

    Pasalnya, salah satu syarat membayar pajak kendaraan adalah harus menyertakan KTP asli yang namanya sama atau sesia di surat mobil. Bagi Anda yang tidak ingin pusing bisa menggunakan jasa pengurusan, tapi bersiap merogoh kocek lebih.

    Bagi Anda yang ingin balik nama mobil ada baiknya mempersiapkan dan melengkapi data berikut ini sebagai persyaratan, seperti ditulis diler mobil bekas Mobil88. 
    1. KTP asli dan fotokopi KTP pemilik baru
    2. BPKB asli dan fotokopi
    3. STNK asli dan fotokopi
    4. Bukti jual beli kendaraan yang dibubuhkan materai Rp 6.000
    5. Cek fisik kendaraan

    Proses selanjutnya adalah melakukan cek fisik kendaraan di kantor Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) sesuai domisili kendaraan. Cek fisik kendaraan meliputi pengecekan nomor rangka, nomor mesin dan pengecekan lainnya.

    Selanjutnya adalah mengisi formulir balik nama yang bisa didapatkan di loket pendaftaran balik nama mobil. Periksa kembali kelengkapan persyaratan dokumen. Jika berkas lengkap, petugas akan memberikan bukti tanda terima. 

    Setelah itu tunggu panggilan untuk membayar biaya administrasi. Jika terdapat tunggakan pajak, siapkan dana sesuai yang tertera pada STNK kendaraan dengan perhitungan yang berbeda-beda untuk tiap kendaraan. Jika pembayaran sudah lunas, petugas akan memberikan bukti yang dibubuhi stempel lunas. Pastikan tidak lupa mengambil berkas dengan nama baru.

    Pengurusan balik nama mobil umumnya memilik beberapa komponen seperti biaya BBN-KB, SWDKLLJ, biaya penerbitan STNK, biaya penerbitan TNKB, biaya penerbitan BPKB, dan biaya penerbitan surat mutasi.

    Biaya pengurusan pasti berbeda-beda tergantung usia dan tipe kendaraan. Jadi, pastikan menyiapkan uang lebih untuk biaya pengurusan balik nama mobil. Paling penting, mobil bekas yang dibeli memiliki dokumen lengkap dan asli. 

    Seperti yang dijelaskan sebelumnya, proses balik nama membutuhkan STNK dan BPKB. Oleh karena itu, penting untuk bijak memilih dil beli mobil bekas terjamin kualitas dan keamanannya.

    (UDA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id