Mau Pergi Jauh? Cek Dulu 8 Komponen Mobil Ini Agar Aman di Jalan

    Rendy Renuki H - 13 Februari 2021 21:13 WIB
    Mau Pergi Jauh? Cek Dulu 8 Komponen Mobil Ini Agar Aman di Jalan
    Ilustrasi (Medcom.id/Rakhmat Riyandi)



    Jakarta: Masa libur Imlek 2021 ini membuat masyarakat kerap melakukan perjalanan jauh. Moda transportasi darat dengan menggunakan mobil pun menjadi pilihan utama.

    Selain lebih aman bepergian di masa pandemi Covid-19, mobil juga dianggap lebih praktis. Kondisi mobil pun harus dalam keadaan prima jika ingin bepergian jauh.






    Beberapa komponen pun wajib dicek sebelum memulai perjalanan. Demi menghindari kejadian yang tak diinginkan, seperti mogok di tengah jalan. 
     

    Berikut komponen yang wajib dicek sebelum bepergian jauh:

    Filter

    Filter pada mobil berfungsi untuk mencegah dan menyaring kotoran dan debu agar tidak masuk ke mesin kendaraan. Cek filter pada mobil secara menyeluruh mulai dari filter oli, filter udara hingga filter bensin. Membersihkan filter AC juga tidak kalah penting agar perjalanan tetap nyaman.

    Wiper 

    Di musim hujan seperti sekarang, wiper menjadi salah satu komponen yang wajib dicek. Saat hujan turun deras, pandangan di sekitar mobil menjadi terbatas. Wiper ini berfungsi untuk membersihkan kaca bagian depan mobil dari air hujan agar pengemudi tetap bisa berkendara dengan mudah.

    Oli

    Ada baiknya untuk mengganti oli sebelum menggunakan mobil untuk menempuh jarak jauh. Hal ini dilakukan untuk memastikan performa mesin tetap maksimal selama perjalanan.

    Aki

    Diketahui, aki berfungsi untuk menyimpan dan menyuplai daya listrik bagi komponen lainnya. Jika terdapat masalah pada aki tentu akan menghambat perjalanan.

    Lampu

    Jangan sampai lampu pada mobil sudah redup apalagi saat ingin bepergian jauh di malam hari. Pastikan lampu sein berfungsi dengan baik karena lampu ini bisa meminimalisir risiko kecelakaan saat mobil berbelok.

    Ban

    Meski ada ban cadangan, perlu juga untuk mengecek tapak dan tekanan angin pada ban mobil. Umumnya, ban mobil diganti setiap 3 tahun. Segera ganti ban jika kondisi tapak ban sudah melewati tread wear indicator (TWI).

    Rem

    Rem blong menjadi penyebab kecelakaan yang umum. Diketahui, rem blong adalah saat sistem pengereman tidak berfungsi tidak baik atau bahkan tidak sama sekali. Cek sistem pengereman dan minyak rem terlebih dahulu sebelum memulai perjalanan.

    Cairan Radiator

    Selalu cek air radiator pada tangki reservoir. Cairan radiator memastikan agar mesin tidak mengalami overheat atau saat mesin mengalami panas berlebihan

    (ACF)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id