comscore

Mencegah Ngantuk Saat Mengemudi Di Bulan Ramadan

Ekawan Raharja - 22 April 2022 10:00 WIB
Mencegah Ngantuk Saat Mengemudi Di Bulan Ramadan
Ilustrasi mengemudi. Auto2000
Jakarta: Ibadah puasa yang dilakukan oleh umat Islam sedikit mengubah kebiasaan aktivitas sehari-hari. Salah satu yang kerap dialami adalah rasa lapar serta mengantuk karena pola makan dan durasi tidur yang semakin pendek.
 
Akibatnya, rasa kantung kerap datang di siang hari, biasanya terjadi di jam-jam krusial antara jam 1 siang hingga jam 4 sore. Hal ini tentu saja berbahaya apabila Anda sedang mengemudi dan rasa kantung datang karena bisa menyebabkan kecelakaan.
 
Mengantuk saat mengemudi mobil ketika berpuasa tidak dapat dihindari karena perubahan jam biologis dan metabolisme tubuh. Tapi Anda tetap dapat menyiasatinya untuk mencegah mengemudi mobil dalam kondisi mengantuk.  
 

Disiplin Mengatur Jam Tidur  

Anda harus memaksakan diri membuat jadwal tidur tetap di malam hari dan konsisten menjalaninya selama bulan Ramadan untuk memenuhi kebutuhan kualitas dan kuantitas tidur yang memadai. Kurang tidur dapat menyebabkan tubuh merasa memiliki utang tidur sehingga mengantuk di siang hari.  
 
Usahakan untuk sering terpapar sinar matahari di siang hari untuk memperkuat jam biologis dan hindari cahaya dari layar gadget atau televisi sebelum tidur malam untuk mencegah kelelahan. Berikutnya, wajib menjaga pola makan karena diet yang seimbang dapat membuat tidur lebih baik dan pulas, serta tidak kekenyangan saat mau tidur malam. Apalagi esok harinya langsung makan sahur dengan selisih waktu sangat singkat.  







Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id