Tips Knowledge

    Begini Cara Melakukan Engine Brake di Mobil Matik

    Ekawan Raharja - 04 Februari 2020 08:39 WIB
    Begini Cara Melakukan Engine Brake di Mobil Matik
    Engine brake bisa dilakukan di mobil matik. Medcom.id
    Jakarta: Engine brake merupakan salah satu teknik deselerasi dengan memanfaatkan putaran mesin dan transmisi. Teknik ini bisa saja dilakukan di mobil-mobil dengan transmisi manual dan otomatis, tentu dengan cara yang sedikit berbeda.

    Mungkin masih banyak pemilik mobil bertransmisi otomatis belum tahu tentang engine brake dan cara melakukannya di mobilnya, seperti dikutip dari laman resmi Suzuki. Karena belum tahu, tidak sedikit pemilik mobil matik yang memilih langsung melakukan pengereman mendadak saat mesin dalam putaran tinggi dan cara ini sebenarnya kurang tepat.

    Engine brake adalah teknik pengereman dengan cara menurunkan putaran mesin. Pada mobil bertransmisi manual, teknik ini umumnya dilakukan dengan cara menurunkan gigi tinggi langsung ke gigi rendah. Lantas bagaimana dengan mobil matik?

    Caranya adalah menaikan posisi transmisi dari D ke 2. Dengan cara ini, kecepatan mobil akan langsung berkurang tanpa harus mengerem. Sayang, banyak pemilik yang belum tahu atau sebenarnya sudah tahu, tapi takut mobilnya rusak. Padahal, engine brake jika dilakukan secara benar tidak akan menimbulkan kerusakan mesin mobil.

    Hal penting yang harus diingat adalah lakukanlah penurunan gigi secara bertahap, jangan langsung loncat ke level transmisi paling rendah. Jika pada mobil bertransmisi matik umumnya level D, turun ke level 2 baru ke Low (L).

    Sementara itu, mobil bertransmisi otomatis biasanya sudah dilengkapi dengan fitur over drive (O/D). Pengemudi cukup menekan sebuah tombol untuk mematikan fitur O/D dan engine brake akan terjadi.

    Semoga ini bisa memberikan referensi bagi Anda. Terutama bagi yang sering melakukan perjalanan di jalan yang menurun. Selamat mencoba!



    (UDA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id