Tips Otomotif

    Mengenal Mitos Bensin Basi, Memang Bisa?

    Ekawan Raharja - 21 September 2020 14:00 WIB
    Mengenal Mitos Bensin Basi, Memang Bisa?
    Usahkan untuk mengisi tangki bensin kendaraan selalu penuh untuk hindari kondensasi. Pertamina
    Jakarta: Pemerintah Provinsi DKI Jakarta sudah memberlakukan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) Jilid II selama sepekan. Sudah banyak juga para pekerja kantoran yang melakukan kegiatan bekerja dari rumah (work from home/WFH), dan menyebabkan mobil dan sepeda motornya terparkir di rumah.
     
    Apabila kendaraan terparkir dalam waktu lama dan tidak digunakan, ada mitos di masyarakat bahwa bensin di dalam tangki bisa basi. Loh, bensin bisa basi?
     
    Pertamina Sales Area Manager Retail Banten, Probo Prasiddhahayu, menjawab bahwasanya tidak ada yang namanya bensin basi. Namun lebih tepatnya adalah bensin mengalami penurunan kualitas selama bersama di dalam tangki.
     
    "Karena terpengaruh karena situasi penyimpanan tangki BBM dan kendaraan yang tidak sempurna mungkin akan mengalami penurunan kualitas. Tapi bensin basi sendiri tidak bisa dan tidak ada seperti itu," kata Probo melalui webinar beberapa waktu lalu.
     
    Penurunan kualitas ini biasanya terjadi karena tangki bensin tidak terisi penuh, sehingga menyisakan ruang. Sisa ruang ini yang lama kelamaan akan menyebabkan pengembunan, sehingga bensin akan bercampur dengan air.
     
     
    Apabila bensin sudah bercampur dengan air, tentu saja kualitasnya akan menurun. Terlebih jika dalam jumlah yang banyak, bisa bermasalah ketika masuk ke ruang bakar kendaraan.
     
    Untuk menghindari bensin mengalami penurunan kualitas sebenarnya sangat mudah. Unit Manager Communication Relations & CSR MOR III Pertamina, Eko Kristiawan, memberikan saran kepada pemilik mobil agar mengisi tangki bensin di kendaraan sampai penuh.
     
    "Kalau bahan bakar full, tangkinya aman dari pengembunan. Pengembunan di area itu akan menciptakan kualitas BBM yang tidak sesuai," ujar Eko Kristiawan di kesempatan yang sama.

    (ERA)
    • Halaman :
    • 1
    • 2
    Read All

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id