Tips Otomotif

    Skuter Terendam Banjir? Begini Penanganannya

    Ekawan Raharja - 24 Februari 2021 09:00 WIB
    Skuter Terendam Banjir? Begini Penanganannya
    Ilustrasi. Medcom.id/Ekawan Raharja



    Jakarta: Curah hujan di sejumlah kota, seperti di Jakarta dan sekitarnya, diketahui sangat tinggi dan mengakibatkan banjir di sejumlah wilayah. Ketika menghadapi skuter yang terendam banjir tentu saja pemilik harus melakukan penanganan yang tepat agar tidak menyebabkan kerusakan yang lebih parah.
     
    Lantas seperti apa penanganan pertama untuk skuter yang habis terendam banjir? "Sehabis skuter terendam banjir, sebaiknya jangan langsung coba dinyalakan karena ada peluang terjadi water hammer di mesin," ujar Founder Scooter VIP, Dennil Sagita, melalui keterangan resminya.
     
    Water hammer merupakan air berlebih yang masuk ke mesin dan ikut terkompresi, sehingga berakibat fatal hingga membuat mesin jebol. Setelah itu sebaiknya lekas membawa skuter ke bengkel untuk dilakukan pemeriksaan dan perbaikan untuk komponen-komponen yang terkena masalah.
     
    "Kalau di bengkel kami biasanya tahapan langkah diagnosa awal yang dilakukan meliputi check filter udara, check CVT, check oli mesin, check oli gearbox, kondisi knalpot, dan kelistrikan," beber Dennil.
     
    Bagian CVT ini biasanya akan dibuka untuk dibersihkan dan dilumasi kembali karena ada resiko slip dan karat apabila dibiarkan kotor. Begitu juga dengan knalpot diperiksa dan dikeringkan agar tidak terjadi karat dan menghambar gas buang di mesin.

    Halaman Selanjutnya
      Kemudian untuk filter udara…


    • Halaman :
    • 1
    • 2
    Read All




    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id