Motor Mogok Akibat Pengapian Hilang? Ini yang Harus Anda Lakukan

    M. Bagus Rachmanto - 20 November 2019 13:45 WIB
    Motor Mogok Akibat Pengapian Hilang? Ini yang Harus Anda Lakukan
    CDI rusak menyebabkan pengapian pada sepeda motor hilang. Medcom.id
    Jakarta: Sepeda motor Anda pernah mogok? Jika pernah, biasanya disebabkan oleh proses pengapian yang hilang.
     
    Percikan api saat pengapian berfungsi membakar uap bahan bakar yang masuk ke ruang pembakaran. Di sinilah motor bisa memperoleh daya gerak. Jadi, tidak ada proses pembakaran jika api hilang. Ujungnya, mesin tidak akan hidup.
     
    "Untuk menyelesaikan masalah tersebut Anda harus mendeteksi tiap komponen pengapian motor. Mulai dari busi, koil, CDI, sepul, danaki," kata Heri Prasetyawan, mekanik bengkel Jaw's Speed, kepada Medcom.id, beberapa waktu lalu.

    Periksa kondisi busi. Sebab busi bertugas memercikkan api di ruang pembakaran. Cara mendeteksi bisa dilakukan dengan melepas dan mendekatkan busi ke blok mesin. Lalu tekan tombol starter.Busi dalam kondisi bagus andai memercikan api berwarna biru. Namun jika percikan api berwarna merah, Anda harus mengganti busi dengan yang baru sesuai spesifikasi motor.
     
    Anda juga patut cek koil jika sepeda motor mogok. Koil bertugas untuk melipatgandakan arus listrik dari sepul atau aki sebesar 12 volt menjadi ribuan volt yang disalurkan ke busi untuk memercikkan api. "Perhatikan kabel positif koil karena bisa saja terlepas atau putus," saran Heri.
     
    Lalu, ada baiknya memeriksa kondisi CDI.Komponen ini adalah otak sistem pengapian. Sama halnya dengan koil, CDI bawaan sepeda motor jarang rusak kecuali korsleting atau sudah diganti dengan CDI aftermarket. Jika pakai CDI aftermarket,sebaiknya ganti dengan CDI standar. Jika mesin hidup, masalah adaCDI aftermarket Anda.
     
    Setelah itu periksa rumah kontak. Pengapia bisa hilang jika soketnya terlepas atau ada material di dalamnya yang aus. "Gunakan tes pen untuk memastikan kondisinya. Harus diganti dengan yang baru jika sudah rusak," tegas Heri.
     
    Kemungkinan lain jika motor mogok adalah ada masalah di kunci rahasia yang berupa saklar pemutus arus listrik. Kunci rahasia ini bisa membuat pengapian hilang. Posisi kunci rahasia yang biasanya di tempat tersembunyi kemungkinan terkena air, debu dan kotoran lain sehingga saklar kunci rahasia rusak.
     
    Jangan lupa pula periksa sepul. "Jika semua komponen sudah diperiksa atau diganti tapi motor masih tidak bisa hidup, kemungkinan sepul yang rusak. Cirinya ada bekas gosong. Jika sudah begini harus diganti dengan baru," tutup Heri.


    (UDA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id