Banjir Jakarta, Bagaimana Nasib Kendaraan Korban Banjir?

    Ahmad Garuda - 03 Januari 2020 10:01 WIB
    Banjir Jakarta, Bagaimana Nasib Kendaraan Korban Banjir?
    Banjir Jakarta, bagaimana menangani mobil yang tidak terjamin asuransi? Asuransi Astra
    Jakarta: Jakarta diterjang banjir besar. Bahkan juga menimpa banyak kawasan di kota-kota sekitarnya seperti Bekasi, Tangerang Selatan hingga ke jalur Cikampek. Menyedihkan, lantaran penanganan atau antisipasi banjir yang Kota Jakarta yang seakan makin buruk, beribas besar terhadap masyarakatnya.

    Termasuk menimpa banyak kendaraan yang sedang terparkir di rumah atau pun sedang berada di jalan. Bagi mereka yang melakukan perluasan jaminan untuk kendaraannya, tentu tidak akan mengalami masalah besar lantaran mereka tinggal melakukan klaim ke perusahaan asuransi rekanannya. Namun bagaimana dengan yang tidak tercover asuransi?

    "Tentu ini masalah yang besar. Lantaran bagi pihak asuransi pun tak akan mau menjamin kerusakan kendaraan yang diakibatkan oleh banjir yang menimpa kendaraannya. Tapi tetap akan kami bantu cari solusi kalau memang korban banjir tersebut adalah klien kami. Tapi untuk menjamin kerusakannya ya tetap tidak bisa," klaim CEO Asuransi Astra, Rudy Chen beberapa waktu lalu kepada Medcom.id soal perluasan jaminan.

    Lalu apa yang sebaiknya dilakukan pemilik kendaraan jika mobilnya sudah berada dalam kondisi seperti ini? Direktur Pemasaran CARfix, Fadly Hasan dalam momentum berbeda menegaskan bahwa penanganan mobil seperti ini perlu dilakukan dengan serius. Lantaran kalau asal, sama saja tentu bikin rusak.

    Beberapa tahap yang bisa dilakukan pemilik mobil yang mobilnya tidak terjamin asuransi (khusus perluasan untuk bencana alam seperti banjir). Di antaranya adalah tidak berusaha menyalakan mobil dan mengontak bengkel yang proper untuk melakukan perbaikan.

    Setelah itu minta bengkel tersebut untuk menjemput mobil yang bermasalah dengan cara towing atau menelpon jasa towing untuk mengantarkan ke bengkel yang proper tersebut.

    Pentingnya memastikan bengkel yang proper ini atau bengkel yang bagus, lantaran penanganan mobil atau motor yang mesinnya terendam air itu butuh ketelitian sepenuhnya. Fungsinya untuk memastikan tidak ada air banjir yang terperangkap di ruang mesin dan sistem pembakaran di ruang mesin tetap bisa berjalan ketika mesin dinyalakan.

    Untuk urusan biaya, tentu ini akan menjadi beban tambahan. Lantaran penanganan mesin mobil yang mengalami masalah ini bisa cukup detail. Tergantung dari kondisi mobil. Lantaran ada juga mobil yang benar-benar hanyut terbawa arus air. Dari beberapa selebaran penanganan banjir yang diberikan bengkel, berkisar mulai dari Rp2 jutaan.



    (UDA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id