Tips Knowledge

    Mau Ganti Knalpot Motor, Cek Desibelnya

    Ekawan Raharja - 06 April 2020 15:23 WIB
    Mau Ganti Knalpot Motor, Cek Desibelnya
    Kemudian soal ambang batas kebisingan kendaraan bermotor, sudah tercantum di Peraturan Menteri Lingkungan Hidup No.7 Tahun 2009. Lampost.co/Asrul

    Jakarta: Mengganti knalpot sepeda motor mungkin menjadi salah satu cara untuk mendongkrak penampilan si kuda besi, karena model yang diusung serta suara yang dihasilkan. Tentu saja untuk mengganti ini perlu diperhatikan intensitas suara yang dihasilkan dengan satuannya adalah desibel (dB).
     
    Jika pengendara sepeda motor asal mengganti knalpot tanpa memperhatikan desibel yang dihasilkan, siap-siap kena tilang. Hal ini dikarenakan pemerintah sudah mengatur mengenai knalpot kendaraan bermotor.
     
    Dasar hukumnya tercantum di Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 Tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Lebih tepatnya di Pasal 285 disebutkan, knalpot merupakan salah satu persyaratan teknis kendaraan dikemudikan di jalan.
     
    "Setiap orang yang mengemudikan sepeda motor di Jalan yang tidak memenuhi persyaratan teknis dan laik jalan yang meliputi kaca spion, klakson, lampu utama, lampu rem, lampu penunjuk arah, alat pemantul cahaya, alat pengukur kecepatan, knalpot, dan kedalaman alur ban sebagaimana dimaksud dalam Pasal 106 ayat (3) juncto Pasal 48 ayat (2) dan ayat (3) dipidana dengan pidana kurungan paling lama 1 (satu) bulan atau denda paling banyak Rp250.000,00 (dua ratus lima puluh ribu rupiah)," tertulis di Pasal 285 Ayat (1).
     
    Kemudian soal ambang batas kebisingan kendaraan bermotor, sudah tercantum di Peraturan Menteri Lingkungan Hidup No.7 Tahun 2009. Tercatat untuk kendaraan bermotor dengan kubikasi mesin kurang dari 80 cc maka memiliki batas hanya 77 dB, kemudian untuk mesin berkubikasi 80-175 cc memiliki batas 83 dB, dan untuk mesin berkubikasi lebih dari 175 cc hanya boleh 80 db.
     
    Jika menggunakan knalpot yang bisingnya melebihi batas tersebut, siap-siap saja di tilang Polisi.  Kepolisian Indonesia kerap melakukan sejumlah razia untuk menertibkan knalpot-knalpot yang bising.
     
    Seperti yang dikutip dari akun instagram jktinformasi, Kepolisian Indonesia melakukan penindakan dan pengarahan terhadap pengendara roda dua yang menggunakan knalpot tidak standar di jalan raya pada Minggu (5/4/2020). Tampak di unggahan tersebut, sejumlah sepeda motor sport di diberhentikan oleh pihak kepolisian.
    View this post on Instagram





    (UDA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id