Tips Knowledge

    Genangan Air 1 CM Bisa Sebabkan Aquaplaning

    Ekawan Raharja - 02 Januari 2020 14:16 WIB
    Genangan Air 1 CM Bisa Sebabkan Aquaplaning
    Sejumlah genangan dan banjir bisa menyebabkan aquaplaning jika dihantam dengan kecepatan tinggi. Jasa marga
    Jakarta: Hujan yang mengguyur Jakarta dan sekitarnya turut membuat sejumlah jalan terendam banjir dan genangan air di berbagai ruas. Khusus untuk daerah-daerah yang terdapat genangan air, pengendara sepeda motor diwajibkan untuk waspada akan aquaplaning.

    Pendiri dan Instruktur Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC), Jusri Pulubuhu, menjelaskan pengguna sepeda motor dan mobil wajib memperhatikan efek aquaplaning saat ini. Banyaknya genangan air bisa membuat kendaraan kehilangan traksi dan menyebabkan hilang kontrol.

    "Sikapi Aquaplaning. Bahkan genangan tipis 1 CM saja bila dihantam dengan kecepatan 80 kilometer per jam, tidak bagus," ungkap ungkap Jusri Pulubuhu Kamis (2/1/2020).

    Jusri menjelaskan lapisan tipis air ini akan membuat ban tidak menempel dengan permukaan jalan. Efek ini akan terasa jika kendaraan melintas dengan kecepatan tinggi, sehingga ban tidak menyentuh permukaan jalan dan akhirnya kehilangan traksi.

    Terlebih aquaplaning ini sangat berbahaya bagi sepeda motor. Bisa ban kondisinya sudah tidak bagus dan sampai kehilangan traksi akibat aquaplaning, maka bisa kehilangan kendali dan bisa saja terjatuh.

    "Aquaplaning ini justru karena ada genangan, bahkan tipis sekalipun. Kalau banjir justru tidak ada, karena kendaraan jalannya pelan," bebernya kepada Medcom.id.

    Pengguna sepeda motor dan mobil pun juga disarankan untuk tidak melintasi banjir untuk mencegah kejadian-kejadian yang tidak diinginkan, seperti mesin mati akibat water hammer atau konsleting di sistem kelistrikan. Sebaiknya pengguna kendaraan pribadi mencari jalan lain yang bebas banjir dan aman untuk dilalui.



    (UDA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id